Bangkitkan Industri Pariwisata Pulau Dewata, Menparekraf Sandiaga Inisiasi Gerakan Work from Bali

JagatBisnis.com –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginisiasi [rogram “World from Bali.” Program ini sebagai salah satu bentuk memulihkan tingkat pariwisata di Pulau Dewata tersebut. Termasuk ASN akan diarahkan untuk berkantor di Bali.

“ASN berkantor di Bali merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya saat Weekly Press Briefing di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut, Bali merupakan daerah yang paling terdampak akibat pandemi. Bahkan hingga saat ini, ketika daerah-daerah lain mulai sedikit pulih.

Baca Juga :   Menparekraf Harapkan Kehadiran "Omah Budoyo Jogja" Topang Penciptaan Lapangan Kerja Masyarakat

Sandiaga juga mengatakan, tidak hanya ASN, pihak swasta juga diarahkan untuk dapat menggelar kegiatan atau pertemuan di daerah termasuk Bali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Baca Juga :   Sandiaga Uno Kunjungi PNM Bali

“Skema bekerja di Bali hingga saat ini masih dalam tahap untuk dirumuskan. Karena membutuhkan persiapan matang dengan memperhatikan efektifivas dan prinsip good corporate governance,” ucapnyanya.

Skema 25 persen ASN pun masih menjadi usulan yang akan dibahas dalam waktu dekat. Termasuk jenis pekerjaan apa saja, masih akan dalam tahap pembahasan.

Baca Juga :   PPKM Darurat, Menteri Sandiaga Sebut Pemerataan Vaksinasi Dapat Tekan Lonjakan Covid-19

Sandiaga menjelaskan, pariwisata merupakan salah satu sektor dengan tingkat multiplier effect yang tinggi. Sehingga dengan kebijakan ini juga diharapkan akan mendongkrak sektor lain seperti transportasi dan lainnya.

Kemudian, realisasi anggaran belanja pemerintah ini diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, khususnya di Bali.

“Bali secara bertahap yang tumbuh minus 5,24 persen pada kuartal I dibanding pada kuartal IV tahun 2020,” pungkasnya.(HAB)