Eksplorasi Bahan Makanan untuk Menu Ramadan ala Chef Arnold

JagatBisnis.com – Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadan akan segera berakhir. Minggu terakhir di bulan puasa ini biasanya kita sudah mulai kehabisan ide menu apalagi yang bisa dimasak dan dihidangkan untuk keluarga, karena segala resep sudah dicoba. Namun ternyata ada banyak bahan makanan sehari-hari yang bisa dieksplorasi menjadi menu baru yang tidak kalah lezatnya, dan bisa menambah semangat menyambut hari raya Idul Fitri.

Tantangan lainnya dalam mengeksplorasi menu masakan adalah menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Arnold Poernomo atau dikenal Chef Arnold, koki ternama yang juga ditunjuk menjadi brand ambassador BlibliMart memberikan tips bahwa menu yang unik dan lezat bukan berarti menggunakan bahan yang mahal atau hanya berada di toko tertentu.

Justru dengan mengulik bahan yang sudah ada atau sudah kita kenal, resep baru pun jadi terasa lebih menarik. Seperti apa cara Chef Arnold memodifikasi bahan yang biasa ditemukan menjadi menu baru? Inilah beberapa resep yang bisa ditiru oleh pelanggan.

Baca Juga :   E-Commerce Lokal Pertama dengan Penyelia Halal, Blibli Siap Mengakselerasi Penguatan UMKM dan Bisnis Industri Halal

1. Panna cotta saus kurma untuk takjil yang menyegarkan
Salah satu buah yang paling banyak dan mudah ditemukan saat bulan Ramadan adalah kurma. Sebagai buah anjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa, kurma ternyata bisa diolah menjadi saus untuk dessert modern, panna cotta. Cara membuatnya pun mudah, kurma bisa diblender bersama air, lalu dimasak dengan api kecil dengan sedikit gula dan garam, lalu diaduk sampai mengental dengan tekstur saus yang diinginkan.

2. Menu tahu walik anti bosan untuk camilan setelah sholat
Selain kurma, tahu pun menjadi bahan makanan andalan banyak orang yang selalu ada di rumah karena bergizi dan mudah ditemukan. Kalau sudah bosan dengan menu tahu yang itu-itu saja, bisa dicoba resep tahu walik dengan sambal colo-colo yang pedas dan menyegarkan. Tahu walik ini sebenarnya adalah tahu pong biasa yang dibalik dan ditambahkan tepung tapioka serta ayam dan bumbu-bumbu di dalamnya. Yang menambah keunikan rasanya adalah, cocolan sambal colo-colo yang menggabungkan berbagai jenis cabai, bawang, dengan sambal jadi dan jeruk nipis.

Baca Juga :   Blibli Dukung Perempuan Jadi Kartini Masa Kini Melalui Kolaborasi Inspiratif

3. Kakap putih sambal kemangi sebagai menu pamungkas
Setelah camilan, sekarang saatnya makan besar dengan nasi dan lauk. Agar tidak terlalu mengenyangkan, ikan kakap bisa menjadi pilihan protein yang tepat karena teksturnya yang tidak keras. Yang penting ikan tersebut harus segar. Agar tidak amis, lumuri dengan garam dan merica sebelum digoreng, lalu beri tambahan kecap inggris dan kecap manis sebagai perasa, dan terakhir beri sentuhan daun bawang dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Agar lebih sedap lagi, sajikan dengan sambal bawang dan kemangi untuk memberikan rasa khas nusantara.

Berbagai menu unik tadi tentu perlu dimasak menggunakan bahan makanan yang segar dan berkualitas baik. Terlebih lagi di bulan Ramadan, kadang ide masak muncul belakangan, beli bahan masakan pun dilakukan last minute.

Baca Juga :   Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Blibli Travel & UMKM Fest

“Kami melihat kebutuhan pelanggan untuk membeli bahan makanan segar tanpa perlu ke pasar. Pengiriman cepat pun semakin penting untuk menjaga kualitas makanan dan minuman ketika tiba di tangan pelanggan. Karena itu, kami meluncurkan fitur pengiriman cepat 2 Hours Delivery, yang dilengkapi dengan gratis ongkir untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan di Blibli, khususnya menjelang dan saat Idul Fitri” kata Jessica Lim, Associate Brand Lead Blibli.

Fitur pengiriman cepat ini merupakan salah satu dari beberapa fitur dan layanan terbaru Blibli yang dihadirkan dalam program #HikmahRamadhan. Program ini juga menghadirkan berbagai promo menarik selama 32 hari mulai 12 April hingga 16 Mei 2021, yang termasuk cashback hingga 1 juta rupiah, exclusive brand deals, dan flash sale untuk produk dari beragam seller, termasuk UMKM.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Blibli pada “Customer Satisfaction First” yang diwujudkan dalam berbagai fitur dan layanan yang memudahkan berbelanja secara online, #KarenaKamuNo1.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO