BAZNAS Salurkan Paket Ramadan Bahagia ke 29 Provinsi

JagatBisnis.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan Paket Ramadhan Bahagia ke 29 provinsi di Indonesia. Pendistribusian paket berupa sembako serta alat shalat ini, juga dilakukan oleh BAZNAS provinsi dan BAZNAS kabupaten/kota.

“Program ini rutin dilakukan BAZNAS setiap tahun dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan mustahik di bulan Ramadhan. Sekaligus memitigasi dampak sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19. Terutama, bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dasar, sehingga mempengaruhi kondisi kehidupan mereka,” ujar Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow juga dihadiri Deputy Mall Director Cibubur Junction, Kukuh Satyo Budyo serta Ketua Panitia Ramadhan BAZNAS, Fitriansyah Agus Setiawan ini, diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Cibubur Junction, Jakarta Timur.

Baca Juga :   Komitmen Sejahterakan Umat, BAZNAS Resmikan UPZ Bank Syariah Indonesia

Menurut Arifin, ini merupakan kegiatan penyaluran dana zakat yang dilaksanakan dalam bentuk pendistribusian sembako serta alat shalat oleh lembaga program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) dan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB).

“Penerima manfaat tentu yang termasuk dalam kategori asnaf zakat sesuai dengan had kifayah,” ucap Arifin.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat Gerakan Cinta Zakat kepada masyarakat serta memaksimalkan potensi rukun Islam ketiga demi menyejahterakan umat secara lebih luas, terutama pada Bulan Suci Ramadhan ini.

“Dengan program Paket Ramadhan Bahagia, kami berharap dapat mencegah terjadinya kelaparan pada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan di masa pandemi,” ujar dia.

Baca Juga :   Dai BAZNAS Ajak Mualaf Dusun Lite untuk Peduli Sesama

Arifin menyebutkan, dari Paket Ramadhan Bahagia ini, di samping ada alokasi penyaluran ke provinsi, sebagian untuk persediaan.

“Program Paket Ramadhan Bahagia BAZNAS juga akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan anggaran sebesar 3,8 miliar rupiah, dengan rata-rata biaya per mustahik sebesar 309 ribu rupiah,” tutur Arifin.

Dia menuturkan, BAZNAS memastikan Paket Ramadhan Bahagia ini diberikan secara tepat sasaran, terutama pada kelompok-kelompok rentan yang terdiri atas beberapa klaster penerima manfaat. Yaitu, klaster tenaga pendidik, klaster usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), klaster buruh informal, klaster buruh formal, klaster korban PHK dan pengangguran.

Baca Juga :   BAZNAS Pastikan Nutrisi dan Kesehatan Ternak Jelang Hari Raya Idul Adha

“Semoga kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para mustahik untuk senantiasa bersyukur dan beribadah di masa pandemi Covid-19 serta menyadarkan masyarakat tentang urgensi zakat dan rasa peduli terhadap sesama,” kata Arifin.

Sementara Deputy Mall Director Cibubur Junction, Kukuh Satyo Budyo mengapresiasi acara ramadhan yang diinisiasi BAZNAS.

“Cibubur Junction sangat senang dan mendukung Program BAZNAS dengan memberikan fasilitas untuk membuka Gerai Zakat. Nantinya diharapkan zakat yang terkumpul dapat disalurkan dengan baik dan benar,” tutur Kukuh.

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan, yakni 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO