Ekbis  

Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Dukung Pembangunan KIHT

JagatBisnis.com – Sejalan dengan tugas dan fungsi sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai secara aktif berupaya untuk membina dan meningkatkan kepatuhan pelaku usaha barang kena cukai, khususnya hasil tembakau berupa rokok. Salah satu upaya yang dijalankan oleh Bea Cukai adalah mendorong optimalisasi kinerja Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) dari berbagai daerah.

Pada kesempatan ini, Bea Cukai Pare-pare Kepala Kantor Bea Cukai Pare-pare, Nugroho Wigijarto, mengunjungi Dinas Perekonomian Pembangunan dan SDA, Disperindag Koperasi dan UKM, serta Dinas Penanaman Modal Kabupaten Soppeng untuk membahas lebih lanjut tentang pengembangan KIHT melalui program pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau.

“Bea Cukai akan terus mendampingi pelaku usaha hasil tembakau di Soppeng, dengan rutin melakukan monitoring dan asistensi agar dapat mengembangkan KIHT juga tentunya,” ungkap Nugroho.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Pemasukan 122 Kg Sabu ke Indonesia dalam Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021

Sementara itu, untuk mengembangkan potensi Kabupaten Temanggung sebagai salah satu daerah penghasil tembakau terbaik di Indonesia, Bea Cukai Magelang menggandeng Pemkab Temanggung untuk berkoordinasi tentang pembentukan KIHT pada Senin (26/04).

Baca Juga :   Sukses Piloting Single Submission (SSm) Pengangkut, Bea Cukai Batam Komitmen Permudah Pelayanan

Masrik Amin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Temanggung menjelaskan bahwa pada tahun 2021, anggaran DBHCHT Kabupaten Temanggung untuk penegakan hukum sekitar Rp 8 milyar. Sebagian besar dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun KIHT, mulai dari kajian sampai pengadaan lahan. Selebihnya dianggarkan untuk kegiatan edukasi masyarakat lewat sosialisasi, dan juga untuk kegiatan operasi pasar bersama dan pemberantasan rokok ilegal bersama Bea Cukai Magelang.

Baca Juga :   Operasi Pasar Menjadi Cara Bea Cukai Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

“Semoga dengan alokasi dana untuk pembentukan KIHT di Temanggung, akan melahirkan pengusaha di bidang cukai yang patuh, mengurangi beredarnya rokok ilegal, dan tentunya mendorong pemulihan ekonomi bagi Kabupaten Temanggung,” pungkas Heru Prayitno, Kepala Kantor Bea Cukai Magelang.(srv)

MIXADVERT JASAPRO