LKC Dompet Dhuafa Bersama Laznas Chevron Berbagi Nutrisi untuk Dhuafa Penderita PTM

JagatBisnis.com –  Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa telah melakukan edukasi, skrining serta pendampingan terhadap masyarakat dhuafa yang menderita Penyakit Tidak Menular (PTM) khususnya hipertensi dan Diabetes Miletus melalui program Kawasan Sehat. Salah satu bentuk dukungan dalam pengelolaan masyarakat dhuafa yang menderita Hipertensi (HT) dan Diabetes Miletus (DM) adalah dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang mereka konsumsi Melalui program “Berbagi nutrisi dhuafa penderita Diabetes dan Hipertensi” Dompet Dhuafa bersama LAZNAS Chevron bergerak membantu kaum dhuafa yang menderita hipertensi dan diabetes memenuhi asupan nutrisi yang sesuai, sehat dan mengandung nilai gizi seimbang.

Danan Panggih Wisastra (Project manager LKC Banten) melalui zoom meeting pada (Selasa, 27/04/2021) mengatakan, “kita telah melakukan skrining kesehatan bagi warga di Cipocok dan melakukan pengelompokan yaitu bagi warga yang memiliki kemungkinan terkena PTM, warga yang sehat dan tetap dijaga kesehatanya dan juga yang sudah terdiagnosa ptm baik Hipertensi maupun diabetes. Program Ramadhan kali ini berupa pemberian paket nutrisi diberikan kepada yang sudah terdiagnosa ptm, paketnya dan kandungan nutrisinya telah disesuaikan dengan makanan yang bisa di konsumsi oleh masyarakat dengan penyakit diabetes dan hipertensi, harapannya paket ini dapat memacu masyarakat mengubah pola makan terutama yang diabetes dan hipertensi. Karena DM dan HT dapat terkontrol salah satunya dengan pola makan yang baik”.

Sementara perwakilan dari LAZNAS Chevron, Satya Prihatmoko mengatakan, “Bapak ibu berikut ini adalah zakat dari karyawan Chevron Jakarta yang kami salurkan, sebagai pemicu langkah kedepannya bahwa apa yang diterima pada hari ini kalo bisa ga ada bantuan lagi kedepannya agar dapat kita alihakan ke program yang preventif untuk pencegahan, karena penyakit ini berkaitan dengan gaya hidup sehat. Sesi hari ini kita bersama kembali menerapkan pola hidup sehat agar kadar gula darahnya tetap normal, yang sudah menderita dapat di kontrol dengan pola makan, pola istirahat, pola olahraga dan berdoa di ramadan ini semoga allah angkat gula darah saya yang tinggi menjadi standart yang terkontrol, terima kasih lkc banten yang telah bekerjasama dengan kami di berbagai program, bapak ibu kami mohon doanya agar semoga muzzaki kawan-kawan Chevron Allah selalu berkahi dan allah beri kesehatan”.

Baca Juga :   Ikatan Alumni SMAN 8 Salurkan Donasi Ke DD Waspada, Untuk Ratusan Anak Yatim hingga Pengemudi Becak

Sebagian masyarakat menyambut baik respon dari Dompet Dhuafa terutama para donatur untuk membantu masyarakat tentang bantuan nutrisi untuk penderita diabetes dan darah tinggi. Terkait bantuan ini diutamakan bagi penderita PTM, jangan hanya menunggu bantuan untuk hidup sehat, terlebih lagi penyakit darah tinggi dan kencing manis kita wajib kontrol ke Puskesmas, bisa dilakukan di kegiatan posbindu kalo memang jarak jauh dari puskesmas.

Baca Juga :   Pasca Banjir Jakarta, DD Bersama Padepokan Ciliwung Condet Gelar Aksi Bersih Sungai Ciliwung

“Harapannya kegiatan ini bisa berkesinambungan dilakukan di daerah laiinya bukannya hanya di Kampung Gowok, dan dapat menjangkau seluruh wilayah kelurahan sukajaya. karena dm ini bukan hanya ada di Gowok, terima kasih kepada LKC yang telah menginisiasi program ini, di harapkan masyarakat mampu,” ujar Lurah Masremi (Kelurahan Sukajaya) diwakili Bapak Gumilar (Kepala seksi ketentraman dan ketertiban).

“Walalupun bulan puasa semoga tetap sehat, saya ucapkan terima kasih pada donatur Dompet Dhuafa yang sudah banyak membantu dua di wilayah Curug khususnya di wilayah Gowok ini, Alhamdulillah dapat bantuan untuk penderita DM dan hipertensi”, ujar Neneng Nasutiowati, SKM selaku Kepala Puskesmas Curug.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Gelar Aksi BIS Dalam Memperingati Hari Pahlawan

“Saya harap jangan sampai ibu-ibu merasa senang karena menderita penyakit ini dan akhirnya tidak mau kontrol dan berobat. Karena ini hanya pemicu karena ibu-ibu harus tetap sehat dengan usaha sendiri, nah jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan pola hidup agar bisa di vaksinasi di masa covid ini. Juga LKC Dompet Dhuafa Banten telah banyak terlibat pada program program pemerintah terutama di kampung gowok, harapannya masyarakat yang mendapat bantuan rutin dan rajin mengontrol kesehatan agar dapat tetap sehat, sekali lagi terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa dan Laznaz Chevron,” tambah Neneng Nasutiowati.

Di sisi lain Nati, penderita Diabetes yang juga penerima manfaat mengatakan, “Semenjak ada Dompet Dhuafa saya mampu mengontrol gula darahnya, saya ucapkan terima kasih kepada pak satya dari LAZNAS Chevron, Donatur maupun LKC Dompet Dhuafa, kami merasa senang, harapan kami semoga gula darah kami dapat terkontrol.”(srv)

MIXADVERT JASAPRO