Ekbis  

National Logistic Ecosystem, Sinergi Pemerintah Dorong Integrasi Pelayanan

JagatBisnis.com – Sejalan dengan Keputusan Presiden mengenai program perbaikan National Logistic Ecosystem (NLE), Bea Cukai turut hadir dalam rapat koordinasi rencana aksi percepatan implementasi Inpres 5 tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Rabu (21/04).

Bertempat di Hotel JW Marriott Surabaya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional, pembentukan NLE ini diharapkan bisa menurunkan biaya logistik yang sekarang adalah 23,5% dari PDB, menjadi 17%.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, pada kesempatan ini menjelaskan bahwa Kementerian Keuangan ditunjuk sebagai penanggung jawab program pelaksanaan penataan NLE, dan secara khusus Bea Cukai berperan sebagai pelaksana pembentukannya.

Baca Juga :   Bea Cukai Makassar Tegah Satu Juta Batang Rokok Ilegal

Pada kesempatan ini dibahas mengenai penyederhanaan proses bisnis layanan pemerintah di bidang logistik, kolaborasi sistem layanan logistik baik domestik maupun internasional, kemudahan transaksi pembayaran penerimaan negara dan fasilitasi pembayaran antar pelaku usaha logistik, dan penataan tata ruang kepelabuhan dan jalur distribusi barang.

Baca Juga :   Mudahkan Proses Bisnis, Bea Cukai Tawarkan Fasilitas KITE

“Melalui program ini, kedepannya diharapkan seluruh pelabuhan di Indonesia terintegrasi dalam suatu sistem, sehingga cita-cita untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia dapat terwujud. Dan tentu saja hal ini dapat terwujud dengan sinergi dan kolaborasi dari seluruh kementerian ataupun lembaga terkait, untuk itu, Bea Cukai berharap dapat terus menjalin kerja sama untuk menyukseskan program ini,” pungkas Askolani. (srv)

MIXADVERT JASAPRO