Ditemukan Serpihan, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam

JagatBisnis.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono resmi mengumumkan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402, tenggelam. Pernyataan ini disampaikan usai temuan barang-barang yang diduga komponen dari KRI Nanggala-402.

“Dengan adanya bukti otentik diyakini milik KRI Nanggala-402, sehingga saat ini kita isyaratkan dari submiss menuju fase subsunk. Kita tingkatkan menuju subsunk,” kata dia di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menjejerkan properti yang diduga bagian dari KRI Nanggala-402. Yudo menjelaskan, barang-barang ditemukan di sekitar terakhir kapal itu terlihat saat menyelam.

Baca Juga :   Jokowi Temui Keluarga Awak KRI Nanggala 402

Menurutnya, barang-barang tidak akan terangkat keluar kapal apabila tidak ada tekanan atau terjadi keretakan di ujung torpedo. Adapun di antaranya adalah hitam pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, pelumas teleskop kapal selam, alas yang biasa dipakai ABK untuk beribadah dan spons.

Baca Juga :   Jokowi: Musibah KRI Nanggala Mengejutkan Kita Semua

Yudo menyampaikan hal itu berdasarkan keterangan dari mantan anak buah kapal (ABK) KRI Nanggala-402 dan beberapa komunitas kapal selam.

“Dari kesaksian para ahli dalam hal ini adalah mantan-mantan ABK KRI Nanggala-402 dan komunitas kapal selam diyakini bahwa ini adalah barang-barang milik KRI Nanggala-402,” ucap dia.

Yudo menerangkan, peningkatan fase artinya akan disiapkan berbagai peralatan medis guna mengevakuasi Anak Buah Kapal (ABK) yang kemungkinan masih selamat. “Kita lanjutkan proses berikutnya,” ujar dia.

Baca Juga :   Resmi, Pengangkatan KRI Nanggala-402 Dihentikan

Yudo menerangkan, tim gabungan saat ini masih berjuang keras. Namun, Yudo turut prihatin atas terjadinya peristiwa tersebut.

“Dengan pernyataan peningkatan fase dari submiss ke subsunk, saya selaku pemimpin TNI AL turut prihatin, khususnya ke warga Hiu Kencana atas kejadian yang tidak kita harapkan semua,” tandas dia.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO