Kementerian PUPR Siap Entaskan RTLH di Kampung Inggris di Kediri

JagatBisnis.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mengentaskan rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah Kampung Inggris Kediri. Adanya hunian yang layak huni diharapkan dapat mendorong daerah tersebut menjadi lebih tertata sekaligus mendorong generasi muda yang ingin belajar berbahasa Inggris yang baik dan benar di kawasan eduwisata tersebut.

Demikian benang merah pertemuan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dengan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Khalawi, saat ini masih banyak pemerintah daerah yang mengalami masalah banyaknya RTLH di daerah. Untuk itu, pihaknya siap membantu Pemda mengentaskan RTLH.

Baca Juga :   Kementerian PUPR : 1.816 Unit Rumah Subsidi di Sulut Akan Dapat Bantuan PSU

“Kami siap membantu Pemda termasuk Pemkab Kediri yang ingin mengentaskan masalah rumah tidak layak huni di daerah Kampung Inggris,” ujar Khalawi.

Salah satu bantuan perumahan yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah RTLH adalah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Rumah yang tidak layak huni nantinya akan mendapatkan dana stimulan dari pemerintah sebesar Rp 20 juta yang dapat digunakan oleh masyarakat penerima bantuan untuk pembelian bahan material bangunan dan upah tukang.

“Dalam Program BSPS ini kami juga melibatkan masyarakat secara berkelompok membangun rumah tidak layak huni dengan dana stimulan. Untuk dana yang kami salurkan adalah Rp 20 juta untuk pembelian bahan bangunan Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang,” terangnya.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Minta REI Tetap Semangat Bangun Rumah

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyatakan, setiap Kepala Daerah pasti membutuhkan bantuan serta program dari pemerintah pusat. Salah satu program yang paling krusial dan bisa dirasakan langusng manfaatnya oleh masyarakat adalah Program BSPS.

“Kebetulan Program BSPS yang punya hajat adalah Kementerian PUPR dalam hal ini Ditjen Perumahan. Maka saya melakukan audiensi ke Dirjen Perumahan dan menyampaikan bahwa tahun ini Kabupaten Kediri membutuhkan Program BSPS sebanyak 1.400 sekian rumah. Alhamdulillah tadi sudah disetujui oleh Pak Dirjen maka saya pulang hari ini atau besok ke Kediri untuk menyampaikan kabar gembira ini kepada masyarakat di Kabupaten Kediri,” terangnya.

Menurutnya, Program BSPS sangat dibutuhkan untuk merubah hunian masyarakat di Kampung Inggris agar lebih layak huni dan sehat. Hal itu dikarenakan sekarang Kampung Inggris menjadi kawasan Eduwisata dimana orang datang ke situ untuk belajar dan berwisata sehingga penataan kawasan dan perumahan masyarakat bisa lebih baik lagi.

Baca Juga :   3 Menteri Puji Sarhunta di KSPN Candi Borobudur

“Tapi persoalan di Kampung Inggris per hari ini adalah tata kelolanya sudah tidak tertata dengan baik. Pompa air sudah sangat berdekatan dengan septic tank. Dan pada saat saya tes air di sana, saya kasih kaporit reaksinya langsung berubah menjadi warna hitam. Selain bantuan perumahan melalui bedah rumah masyarakat, saya juga akan berkomunikasi dengan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) agar kualitas air masyarakat bisa diperbaiki dan lebih layak konsumsi,” harapnya. ((srv)

MIXADVERT JASAPRO