Usai Gempa, Warga Jatim Diimbau Waspada Longsor dan Banjir

JagatBisnis.com – Usai digoyang gempa berkekuatan G,1 magnitudo, Warga di Jawa Timur diimbau waspa adanya longsor dan banjir.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca di wilayah Jawa Timur. Diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Dari BMKG Jawa Timur ada peringatan dini cuaca. Diprediksi akan mengalami hujan sedang hingga lebat,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers, Sabtu (10/4/2021).

Dwikorita meminta masyarakat memperhatikan prediksi yang diberikan. Sebab, gempa dengan kekuatan 6.1 Magnitudo (M) baru saja terjadi di Malang.

Baca Juga :   Usai Hujan Es, Gempa Terjadi di Banten Getarannya Sampai ke Jakarta

“Ini mohon diperhatikan ini banyak wilayah yang diprediksi akan hujan sedang hingga lebat Kenapa harus diperhatikan karena baru saja mengalami gempa bumi kekuatannya lebih dari 6,” ujarnya.

Dia mengatakan pada saat kondisi habis hujan dan diguyur hujan maka lereng-lereng atau batuan menjadi rapuh. Sehingga, menurutnya, dikhawatirkan dapat memicu longsor dan banjir bandang.

“Lereng-lereng atau batuan itu habis digoyang biasanya menjadi agak Rapuh. Apabila diguyur hujan meskipun hujannya tidak lama tetapi lebat atau sedang, atau juga hujannya tidak lebat tapi lama dikhawatirkan dapat memicu bencana lanjutan yaitu bencana longsor dan banjir bandang,” tuturnya.

Baca Juga :   Perbatasan India-Myanmar Diguncang Gempa Magnitudo 6,1

Dwikorita menyebut hal serupa juga terjadi pada banjir bandang di NTT. Dia mengatakan, sebelum terjadi banjir bandang NTT terlebih dulu diguncang gempa dengan kekuatan 4,1 M.

“Sebagai catatan kemarin kami baru saja mendatangi wilayah NTT di situ hujan lebat, ternyata sehari sebelumnya juga terjadi gempa dengan kekuatan 4.1. Jadi dikhawatirkan, wilayah yang habis terkena ada gempa kemudian diguyur hujan itu dikhawatirkan akan memicu terjadinya longsor atau banjir bandang,” pungkasnya.

Baca Juga :   Nias Diguncang Gempa Magnitudo 6,1, Warga di Gunungsitoli Panik

Wilayah yang diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat diantaranya, Jombang, Gudo, Bandarkedungmulyo, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Malang, Pakis, Jambung, Kota Malang, Seluruh kecamatan Kota Malang. Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Kediri, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Bondowoso, Probolinggo, Jember, Kota Batu, Tulungagung, Ponorogo, Purwosari.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO