Senin, Pengamatan Hilal akan Dilakukan Secara Serentak di Indonesia

JagatBisnis.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan melakukan pengamatan hilal secara serentak di Indonesia untuk menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriah. Pengamatan hilal itu akan dilakukan pada Senin (12/4/2021).

“Pengamatan hilal hari Senin tanggal 12 April mulai sore di Ancol untuk BMKG pusat, tapi dilakukan di seluruh Indonesia,” ujar Deputi Bidang Geofisika, M Sadly dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (10/4/2021).

Meski demikian, Sadly belum dapat memerinci lokasi mana saja yang akan dijadikan tempat memantau hilal. Yang jelas, kata dia, untuk BMKG pusat akan memantau hilal di Ancol.
“Nnati kami akan sampaikan di mana saja lokasi yang akan dilakukan pengamatan. Tapi kalau di pusat itu akan dilakukan di Ancol ya, untuk melakukan pengamatan dari BMKG pusat,” katanya.

Baca Juga :   Tahun Ini, Semua Ormas Sepakat Serentak Berpuasa Besok

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah pada pertengahan April 2021. Sidang isbat akan digelar secara daring dan luring di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta.

Baca Juga :   Awas, Jelang Ramadan Marak Makanan Beracun

“Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga :   Selama Ramadan, Polisi Tak Persoalkan Penjual Takjil di Pinggir Jalan

Kamaruddin menerangkan sidang isbat itu digelar pada tanggal 29 Sya’ban. Hal itu sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.

“Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya’ban yang bertepatan 12 April 2021,” tuturnya.(hab)

MIXADVERT JASAPRO