Kementerian PUPR Alokasikan Rp19,3 Miliar Bangun Rusun TNI AD di Gorontalo

JagatBisnis.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
mengalokasikan anggaran senilai Rp 19,3 Milyar untuk membangun Rumah Susun (Rusun) TNI AD yakni KOREM 133 Nani Wartabone/KODAM XIII Merdeka di Kabupaten Gorontalo. Pembangunan Rusun setinggi tiga lantai dengan jumlah 44 unit hunian tipe 36 diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

“Kami akan melaksanakan pembangunan hunian yang layak bagi masyarakat yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat, salah satunya melalui pembangunan Rumah Susun. Pembangunan Rusun bagi prajurit TNI AD tersebut diharapkan akan selesai tepat waktu sekaligus memberikan pelayanan perumahan yang layak dan baik terhadap prajurit beserta keluarga dalam bekerja menjaga kedaulatan negara,” ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I, H.Hujurat, di Gorontalo, Rabu (7/4/2021).

Pembangunan Rusun ini, imbuhnha, diperuntukkan untuk anggota TNI Angkatan Darat yang bertugas di lingkungan Korem 133 Nani Wartabone. Berdasarkan perencanaan yang ditetapkan, proses pembangunan akan  selesai dalam delapan bulan kedepan terhitung sejak bulan Maret ini sampai Oktober yang akan datang.

Baca Juga :   Revitalisasi TPA Sekoto di Jawa Timur, PUPR Gelontorkan Rp31 Miliar

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I melalui Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo bersama perwakilan DPRD Kabupaten Gorontalo juga meninjau lokasi pembangunan Rumah Susun (Rusun) KOREM 133 Nani Wartabone/KODAM XIII Merdeka yang terletak di Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, dalam rangka masa reses DPRD.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali, dan PPK Rumah Susun, Fahruddin bersama-sama rombongan DPRD Kabupaten Gorontalo antara lain Ketua DPRD Dr. Drs. Paris Jusuf, didampingi Wakil Ketua DPRD Sofyan Puhi dan Ir. H. Awaludin Pauweni serta Arifin Jakani dan Adnan Enthengo.
Kepala Satuan Kerja Perumahan Gorontalo, Alwi Mahdali,  menjelaskan, Rusun yang dibangun terdiri dari tiga lantai dengan jumlah unit hunian sebanyak 44 unit.  Setiap tiap unit memiliki tipe 36, dengan fasilitas mebeulair, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur serta ruang cuci.

Baca Juga :   Renovasi TMII Rampung 100 Persen, Siap Sambut Delegasi KTT G20

“Total anggaran pembangunan Rusun sebesar Rp 19,3 Milyar dan bangunan tersebut nantinya akan memenuhi Persyaratan Bangunan Gedung Negara yakni kelengkapan fasilitas berupa Hydrant untuk pemadam kebakaran, Fire Alarm, Green Water tank, kemudian instalasi pengelolaan air limbah dan saluran drainase serta PSU. Kami harap para prajurit yang tinggal  dapat merasa nyaman di hunian vertikal ini,” harapnya.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Bangun Rusun Sekolah Tinggi Agama Hindu di Bali

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Dr. Drs. Paris Jusuf, mewakili rombongan DPRD menyampaikan apresiasi dan harapannya atas dibangunnya Rusun tersebut.

Pembangunan Rusun tersebut dinilai sangat bagus dari segi fasilitas hunian yang nantinya akan sangat mendukung kehidupan penghuninya.

“Kami sangat mengapresiasi dan berharap program Rusun ini akan terus berlanjut bukan hanya untuk TNI tapi bisa menyentuh sampai ke ASN sehingga kebutuhan hunian untuk masyarakat dapat terpenuhi,” harapnya (srv)

MIXADVERT JASAPRO