Perpres Zakat ASN dan Gerakan Cinta Zakat Jadi Resolusi Rakornas

JagatBisnis.com –  Perpres Zakat ASN dan Gerakan Cinta Zakat menjadi bagian dari 12 resolusi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021 yang digelar selama tiga hari, Ahad-Selasa 4-6 April 2021.

“Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT serta dukungan semua pihak, terutama Presiden RI, Bapak Haji Jokowi; Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin; MPR, DPR dan ormas-ormas Islam, Rakornas Zakat Tahun 2021 berjalan lancar dan sukses hingga melahirkan 12 resolusi, yakni 7 resolusi untuk internal dan 5 resolusi untuk eksternal,” ujar Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA saat membacakan hasil keputusan sekaligus menutup rakornas, di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).

“Dalam rangka menciptakan sikap saling tolong-menolong, kegotongroyongan, terutama dalam rangka pengentasan kemiskinan, maka dimohon kepada Presiden RI untuk mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewajiban ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN/BUMD untuk Menunaikan Zakat Penghasilan dan Jasa,” demikian bunyi Resolusi (Eksternal) Nomor 1 Rakornas Zakat 2021.

Kemudian, Resolusi (Eksternal) Nomor 4 Rakornas Zakat 2021, berbunyi, “Dalam rangka meningkatkan literasi dan kecintaan umat Muslim terhadap kewajiban zakat, maka dimohon seluruh pemangku kepentingan terutama ulama, zuama, umara, kaum intelektual, profesional, wirausahawan dan media massa untuk menggelorakan Gerakan Cinta Zakat dari Sabang sampai Merauke serta Miangas sampai Pulau Rote”.

Menurut Ketua BAZNAS, para peserta rakornas berkomitmen menjalankan tugas pengelolaan zakat dengan melaksanakan resolusi tersebut demi menyukseskan pembangunan, terutama pengentasan kemiskinan.

“Dengan rahmat Allah Yang Maha Esa, kami peserta Rapat Koordinasi Nasional Zakat 2021, berkomitmen dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas mengelola dan mengembangkan perzakatan nasional dalam upaya menjadi ‘Pilihan Pertama Pembayar Zakat, Lembaga Utama Menyejahterakan Umat’ di Indonesia,” ujar Kiai Noor Achmad saat membacakan resolusi sekaligus menutup Rakornas Zakat 2021.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS yang juga Ketua Umum Panitia Rakornas Zakat 2021, KH. Achmad Sudrajat, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak atas kesuksesan perhelatan akbar tersebut.

Dia menuturkan, Rakornas Zakat akan semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat di seluruh penjuru Tanah Air. “Alhamdulillah Rakornas Zakat 2021 berlangsung lancar dan sukses. Kami menyampaikan terima kasih pada semua pihak sehingga Rakornas ini semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat nasional,” ujar dia.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO