Jemaah Indonesia Belum Diizinkan Terbang ke Arab

JagatBisnis.com – Pemerintah Arab Saudi berencana membuka pelaksanaan ibadah umrah terbatas pada awal Ramadan 1442 Hijriah/2021. Sayangnya, Indonesia dan 19 negara lainnya secara resmi belum diberikan izin untuk memasuki Mekah dan Madinah. Jadi, kecil kemungkinan ada jemaah umrah Ramadhan 2021 dari Indonesia.

“Sejak 3 Februari 2021 Indonesia masuk daftar 20 negara yang tidak diberi akses  masuk ke Arab Saudi. Hingga saat ini belum ada informasi pembukaan akses untuk Indonesia. Kalau pun diizinkan masuk, dan vaksinasi Covid-19 dijadikan persyaratan, rasanya paling cepat jamaah Umrah Indonesia baru akan masuk di bulan Syawal,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, Rabu (7/4/2021).

Dia menjelaskan, izin umrah mulai awal Ramadan 1442 H ini diberikan secara terbatas dan melalui pelbagai prosedur perizinan yang ketat. Jadi izin umrah di tengah pandemi Covid-19 ini hanya dibuka bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang saat ini tinggal di Arab Saudi.

Baca Juga :   Mulai 1 November, Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Bebas Covid-19

“Calon jemaah umrah yang mendaftar diwajibkan sudah divaksin virus corona dan calon jemaah terinfeksi Covid-19 harus sudah pulih. Bahkan, selama di Arab Saudi, para jemaah diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk pembatasan usia jemaah umrah, masih diberlakukan 18-60 tahun, kecuali bagi warga Saudi menjadi sebelum 70 tahun,” paparnya.

Baca Juga :   Keberangkatan Jemaah Umrah Masih Terpusat di Jakarta, Apa Alasannya?

Ditambahkan, Pemerintah Arab Saudi belakangan ini kerap mengeluarkan kebijakan ‘buka-tutup’ terkait ibadah haji dan umrah. Pada akhir Februari 2020 lalu, pemerintah Arab Saudi menutup keseluruhan ibadah umrah karena merebaknya pandemi virus Corona secara global. Lalu, pada Oktober 2020, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka Masjidil Haram untuk pertama kalinya usai ditutup karena pandemi.

Baca Juga :   Hore! Warga Indonesia Sudah Boleh Umrah

“Pembukaan itu juga sebagai langkah relaksasi pembatasan akibat pandemi dan memungkinkan sebagian pihak melaksanakan umrah. Akan tetapi, pada awal Februari 2021 lalu Saudi kembali menutup penerbangan bagi jemaah dari luar negeri untuk melaksanakan ibadah umrah,” tutupnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO