Tekno  

Google Translate Sudah Diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

JagatBisnis.com – Aplikasi penerjemah bahasa Google Translate mencatat rekor baru. Seperti dikutip dari Android Police, Rabu (7/4/2021), layanan penerjemahan buatan Google ini telah diundug sebanyak 1 miliar kali di Google Play Store (Android). Angka unduhan tersebut dikalkulasi berdasarkan total download oleh pengguna

Jumlah 1 miliar unduhan itu pun hanya mencakup perangkat Android, belum termasuk yang disumbang oleh platform iOS. Artinya, angka download Google Translate secara keseluruhan kemungkinan lebih besar lagi.

Tidak disebutkan apa alasan dibalik tingginya jumlah unduhan Google Translate ini. Namun, seiring meningkatnya penetrasi internet, fitur terjemahan secara langsung seperti Google Translate kini mulai diandalkan banyak orang.

Baca Juga :   Manfaat Google News Showcase Bagi Industri Berita

Layanan penerjemah Google Translate diluncurkan pada April 2006 lalu. Kemudian pada 2010, mulai tersedia dan bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store. Seiring berjalannya waktu, saat itu aplikasi ini mengalami berbagai perubahan dan peningkatan dalam berbagai hal, termasuk kemampuan menerjemahkan 108 bahasa, termasuk Indonesia hingga transkrip real-time.

Selain itu, Google Translate juga menambahkan sederet fitur-fitur baru di dalamnya yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya. Seperti, fitur Live Transcribe yang berguna untuk menerjemahkan percakapan langsung ke dalam format teks.

Baca Juga :   Anda Bisa Menambah Tempat di Google Maps

Sebelumnya, Google Translate sudah bisa mengubah percakapan langsung menjadi teks. Namun, teks tersebut belum diterjemahkan ke bahasa lain, apalagi menerjemahkan kalimat dalam diskusi panjang. Jadi aplikasi ini wajib dimiliki saat sedang melancong di luar negeri, Google Translate sudah memproses lebih dari 100 miliar kata per hari.

Fitur Live Transcribe sendiri merupakan salah satu fitur Google Translate yang diciptakan untuk membantu pengguna yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu, Google Translate juga sudah bisa bekerja tanpa butuh sambungan internet.

Baca Juga :   Realme 8 dan 8 Pro, Trendsetter Smartphone Masa Kini Berkunjung ke Bandung

Dengan fitur World Lens, penggunanya kini bahkan tak perlu mengucap atau menuliskan kata-kata, melainkan cukup dengan mengarahkan kamera ponsel ke teks yang ingin diterjemahkan.

Cukup buka aplikasi Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, lalu tekan ikon kamera kemudian arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO