Jika Diizinkan, Masjid Istiqlal Bakal Gelar Taraweh dengan Kapasitas 30 Persen di Bulan Ramadan

Masjid Istiqlal

JagatBisnis.com – Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan siap membuka Masjid Istiqlal saat Ramadhan jika diizinkan oleh pemerintah. Pihaknya pun telah menyiapkan pembukaan masjid dengan kapasitas 30 persen.

“Belum (ada putusan), tapi kami sudah siap-siap seandainya pemerintah izinkan. Dalam hal ini, Pak Gubernur sebagai komandannya oke, maka kami juga akan buka, sesuai protokol, kapasitas berapa. Kami mungkin buka 30 persen,” kata Nasaruddin melalui keterangannnya, Senin (5/4/20210).

Nasaruddin menyerahkan keputusan pembukaan Masjid Istiqlal untuk ibadah Ramadhan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Satgas Ibu Kota. Apabila disetujui, pihaknya memastikan protokol COVID-19 dijalankan secara ketat.

Baca Juga :   Jualan Takjil Tak Dilarang Tapi Jangan yang Beracun Ya!

“Komandan COVID-nya oke, maka kami pun akan membuka, tapi sesuai protokol semuanya. Kapasitasnya berapa, kami mungkin akan buka 30 persen, bukan 50 persen, karena kalau 50 persen, itu berarti lebih dari 100 ribu,” jelasnya.

Dia menyampaikan saat ini pengelola Masjid Istiqlal terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, keputusan pembukaan ini akan disampaikan seminggu sebelum Ramadhan dengan mempertimbangkan perkembangan COVID-19.

Baca Juga :   Jelang Puasa Harga Daging Bisa Mencapai Rp140 Ribu per Kg

“Syarat dari Pak Anies sebetulnya tidak terlalu ketat seperti yang lalu. Memang kita katakan tegas. Kalau ini di masjid-masjid diizinkan juga kan, tapi tetap mempertahankan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Kami resminya kira-kira menjelang Ramadhan-lah kalau sekarang ini kita masih wait and see juga. Karena kami melihat di DKI Jakarta kemarin-kemarin masih naik, masih tinggi di tempat-tempat lain juga. Tapi insyaallah kita berdoa semuanya semoga bulan Ramadhan kali ini bisa kita melakukan amaliah Ramadhan lebih baik,” sambungnya.

Baca Juga :   Hari Ini Arab Saudi Jalankan Ibadah Puasa

Dia berharap Masjid Istiqlal bisa dibuka saat Ramadhan tahun ini. Sebab, sudah beberapa masjid ini ditutup akibat pandemi COVID-19 serta kegiatan renovasi.

“Harapan kita sih di buka, 2 tahun kan tidak Ramadhan nanti…. Saya kira ada kerinduan juga dari jemaahnya,” ucapnya.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO