Tekno  

Manfaat Google News Showcase Bagi Industri Berita

JagatBisnis.com – Berita merupakan sumber informasi yang vital. Google pun meluncurkan berbagai layanan dan platform untuk mendukung pembuat berita, seperti Google News Initiative dan yang terbaru Google News Showcase

Head of News, Web, and Publishing Product Partnership, Google APAC mengatakan, Google News Showcase memuat berita-berita yang telah dibeli Google dari penerbit. Melalui layanan ini, pembaca mendapatkan lebih banyak wawasan tentang informasi penting yang dikurasi di beberapa layanan Google.

“Penerbit berita yang berpartisipasi akan meningkatkan pendapatan melalui pembayaran bulanan dari Google. Selain itu, penerbit berita dapat mengembangkan bisnis melalui traffic langsung ke situs dan hubungan yang lebih dalam dengan pembaca,” katanya, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga :   Kini, Google Meet Bisa Dipakai 500 Peserta

Menurut dia, ini merupakan program lisensi untuk membayar penerbit atas berita dan aset lain yang diperlukan untuk menjalankan produk. Konten yang diklik akan mengarah ke situs web penyedia berita. Karena hampir 90 persen Google News Showcase berfokus pada informasi lokal, seperti surat kabar, regional, ataupun komunitas.

Baca Juga :   Mulai Sekarang, Harus Sering Buka Akun Google agar File Tidak Dihapus

“Saat ini, lebih dari 500 publikasi berita secara global terdaftar di 13 lokasi dan produk ini telah diluncurkan di Brasil, Jerman, Inggris, Argentina, dan Australia.
Google News Showcase sekarang tersedia di aplikasi Google News. Untuk melihatnya, pengguna dapat mengaksesnya melalui alamat news.google.com atau mengunduh aplikasi di Android ataupun iOS,” terangnya.

Baca Juga :   Inilah Kostum Halloween Paling Populer di 2021 Menurut Google

Ditambahkan, beberapa penerbit berita global yang telah terdaftar mencakup Reuters, Financial Times, Independent, Evening Standard, Der Spiegel, hingga Le Monde. Saat ini, Google News Showcase akan segera diluncurkan di lebih banyak negara, termasuk Prancis, Kanada, dan Jepang. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO