Ekbis  

Serius Tingkatkan Ekspor, Bea Cukai Sinergi dengan Berbagai Instansi

JagatBisnis.com – Bea Cukai di berbagai wilayah menjalin koordinasi dengan berbagai instansi terkait sebagai upaya menggalakkan ekspor di tiap daerah dengan menggali potensi ekspor yang dimiliki tiap komoditas.

Plt. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan dalam rangka mendorong ekspor, sinergi terus dilakukan di lingkup internal maupun eksternal dengan menggelontarkan berbagai fasilitas agar mempermudah dan mempercepat kegiatan ekspor.

“Dengan adanya sinergi ini diharapkan pemulihan ekonomi dan percepatan ekspor komoditas di berbagai sektor dan daerah dapat terealisasi,” ujarnya.

Bea Cukai Merak menjalin koordinasi dan sinergi dengan Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon pada Selasa (16/3) dalam rangka mendorong ekspor komoditas pertanian di wilayah Banten.

Baca Juga :   Perkuat Sinergi dengan Stakeholders, Bea Cukai di Jawa Barat Lakukan Asistensi Secara Virtual

Balai Karantina Pertanian Cilegon menyampaikan terdapat komoditas unggulan dari Pandeglang yaitu talas beneng yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan memiliki pangsa pasar luar negeri seperti di Australia dan Belanda.

Melihat potensi yang ada, kata Hatta, perlu dilakukan pembinaan kepada pelaku usaha agar kegiatan ekspor dapat diarahkan untuk diproses melalui Kantor Bea Cukai sehingga akan meingkatkan efisiensi serta meningkatkan nilai tambah dari bisnis talas beneng di Banten.

Baca Juga :   Bea Cukai Kembali Torehkan Prestasi Berantas Barang Ilegal

Pada hari yang sama, Bea Cukai Purwokerto juga berkoordinasi dengan Bank Indonesia dalam rangka koordinasi kegiatan klinik ekspor untuk Industri Kecil Menengah (IKM) sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar produk IKM menembus pasar luar negeri.

Kegiatan serupa juga sebelumnya telah dilakukan di empat wilayah lainnya diantaranya, sinergi Bea Cukai Kualanamu dengan Balai Karantina Pertanian untuk mendorong percepatan ekspor di Sumatera Utara khususnya komoditas pertanian, Bea Cukai Jakarta bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang menggelar sosialisasi kepada pelaku usaha terkait penguatan ekspor, Bea Cukai Pontianak dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta Bea Cukai Pasuruan yang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam rangka pemberian asistensi untuk mendorong kegiatan ekspor IKM.

Baca Juga :   Berikut Langkah Preventif Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkoba

Hatta menyampaikan, Bea Cukai berkomitmen penuh dalam upaya ekspor komoditas unggulan mengingat tugas dan fungsi Bea Cukai dalam memfasilitasi perdagangan yang sejalan dengan arahan Menteri Keuangan untuk mendukung kegiatan ekspor oleh pelaku usaha dalam negeri.

“Dengan diadakannya kegiatan tersebut, semoga dapat memepererat sinergi antara Bea Cukai dan instansi pemerintah lainnya dalam berkoordinasi untuk mencapai tujuan bersama memulihkan ekonomi negara,” pungkasnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO