Ekbis  

Bea Cukai Ikut Peringati 500 Tahun Perjalanan Kapal Juan Sebastian El Cano

JagatBisnis.com – Dalam rangka bersinergi secara internasional dengan Kerajaan Spanyol serta memperingati 500 tahun perjalanan armada Kerajaan Spanyol, Bea Cukai bersama Pemerintah Daerah setempat melakukan penyambutan atas Kapal Latih Angkatan Laut Kerajaan Spanyol di Pelabuhan Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Dicky Hadi Pratama, mengatakan bahwa kedatangan kapal latih angkatan laut kerajaan Spanyol ini sebagai bentuk hubungan baik antara Pemerintah khususnya Kesultanan Tidore dengan Pemerintah Kerajaan Spanyol.

“Kami saat ini menyambut kapal latih Juan Sebastian El Cano sebagai peringatan 500 tahun perjalanan armada kerajaaan Spanyol yang dikapteni oleh Juan Sebastian Elcano dalam misinya mengelilingi dunia tahun 1521.” Ungkap Dicky

Baca Juga :   Pacu Geliat Ekspor Produk Dalam Negeri, Bea Cukai Gali Potensi Lewat Diskusi dan Asistensi

Turut serta dalam penyambutan tersebut Sultan Tidore, Walikota Tidore, Perwakilan Portugal untuk Indonesia, Perwakilan Spanyol untuk Indonesia; Perwakilan Kejari dan Perwakilan Kejati sebagai bentuk hubungan baik dan kerjasama antara Indonesia dan Spanyol.

Baca Juga :   Langkah Bea Cukai Kawal Pemanfaatan DBHCHT oleh Pemda

Juan Sebastián de Elcano sendiri merupakan kapal latih Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal ini adalah kapal empat tiang berlapis baja (schooner barque). Dengan panjang 113 meter. Kapal ini adalah kapal terbesar ketiga di dunia dan merupakan kapal layar yang telah berlayar terjauh, mencakup lebih dari 2.000.000 mil laut (3.700.000 km) sampai saat ini. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, yang merupakan kapten armada penjelajah terakhir Ferdinand Magellan.

Baca Juga :   Gelar Pemusnahan Barang Hasil Penindakan, Bea Cukai Wujudkan Perlindungan Masyarakat

“Acara ini diharapkan dapat lebih mempererat hubungan antara Kesultanan Tidore dan Kerajaan Spanyol. Serta dalam rangka membangun kerjasama diberbagai bidang antara Kerajaan Spanyol dan Indonesia.” Tutup Dicky (srv)

MIXADVERT JASAPRO