Ramadhan Ini Saatnya Berbagi Lagi, Dompet Dhuafa Targetkan Rp120 Miliar

JagatBisnis.com –  Menjelang Ramadan 1442 H, pandemi Covid-19 masih masih melanda tanah air. Berbagai kebijakan diberlakukan oleh pemerintah demi menjaga seluruh masyarakat dari penyebaran virus Covid-19. Ada sebuah spekulasi menggelitik muncul di tengah masyarakat: “Setelah pandemi melanda selama setahun, bagaimana jika Ramadan tahun ini masyarakat justru enggan berbagi?”

Di Ramadhan 1442 H ini, Dompet Dhuafa menggagas seruan gerakan “RAMADAN INI SAATNYA BERBAGI LAGI,” pada Jumat (26/3/2021). Gerakan tersebut mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama, terutama yang terdampak secara langsung dari lesunya ekonomi di tengah pandemi. Yaitu dengan menguatkan sendi-sendi ekonomi dalam kehidupan masyarakat untuk melanjutkan keberlangsungan hidup melalui dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan tentunya Wakaf.

“Pada fase awal Covid- 19, banyak masyarakat terketuk dan terpupuk kepeduliannya terhadap masyarakat lainnya yang terdampak. Hal tersebut membuat Dompet Dhuafa berupaya untuk meningkatkan rasa kepedulian tersebut, supaya mampu menciptakan solusi-solusi dari permasalahan yang ada. Dompet Dhuafa menargetkan dapat menghimpun dan mengelola zakat sebesar Rp 120 miliar pada Ramadan tahun ini,” ucap Ahmad Faqih Syarafaddin, Selaku ketua pelaksana Ramadan 1442 H Dompet Dhuafa.

Baca Juga :   ASEAN Foundation dan IMZ Dompet Dhuafa Gelar Belajar Analisis Data Bersama Disadvantage Youth

Persebaran Covid-19 di Indonesia yang masih mewabah, mengharuskan Dompet Dhuafa untuk lebih maksimal dalam mengoptimalkan jaringannya di 34 provinsi dan 200 zona layanan di nusantara. Kemudian juga mengoptimalkan jaringan global Dompet Dhuafa di 30 negara.

Penghimpunan dengan platform digital menjadi salah satu lini utama yang dipersiapkan, lantaran menjadi penyumbang donasi terbesar. Hal tersebut menandakan perubahan perilaku donatur yang semakin mudah dan instan, karena tidak perlu keluar rumah. Rasa yakin dan optimis tercapainya target penghimpunan tersebut sebagaimana Ramadan 1441 H lalu, Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana sebesar Rp 105 Miliar.

Baca Juga :   Membangun Peradaban Wakaf di Lampung melalui Masjid Al Majid

Selain itu, Dompet Dhuafa juga akan meningkatkan berbagai program yang terstruktur guna memulihkan perekonomian yang menjadi sendi kehidupan masyarakat berbasis digital seperti Sedekah Beras, Indonesia Siap Siaga, Sedekah Quran, Wakaf Alat Kesehatan RS Hasyim Asyari, Bersama Ciptakan Generasi Qur’an, Traktir Makan Saudaramu, Bayar Fidyahmu, Sedekah Subuh, Ramadan Karem Untuk Pengungsi Muslim. Sedangkan untuk program unggulan seperti Tebar Zakat Fitrah, Parsel Ramadan, Parsel Untuk Tenaga Kesehatan dan Parsel Untuk Yatim, akan tetap bergulir sebagai penyemangat aktivitas di tengah pendemi.

“Dompet Dhuafa mengajak seluruh lapisan masyarakat saling berbagi dan berkolaborasi untuk memulihkan dampak ekonomi di masyarakat akibat pandemi. Beragam perangkat edukasi sosial pun disiapkan guna membangun empati publik dari yang mampu terhadap yang lemah. Harapan kami, keadaan di mana kita semua mengalami dampak pandemi, akan semakin menjadikan kita solid. Ukhuwah islamiyah dan jalinan kepedulian sosial semakin membuat kita lebih dekat. Rasa saling bantu terhadap yang membutuhkan akan semakin besar,” ujar Nasyith Majidi, selalu Ketua Yayasan Dompet Dhuafa.

Baca Juga :   Inisiasi Hari Berbagi Nasional, Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Raih Berkah di Bulan Suci

Menjelang usia ke-28, Dompet Dhuafa berkomitmen menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang holistik integralistik dalam memberantas kemiskinan berdasarkan masalah paling mendasar. Di Ramadan 1442 H ini, selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif seperti sosialisasi zakat, layanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, serta tak luput juga respon kebencanaan. Mari berkolaborasi untuk ringankan efek pandemi. Ramadan ini saatnya berbagi lagi, sehingga roda ekonomi kembali berputar seperti sedia kala. (srv)

MIXADVERT JASAPRO