Ditjen Perumahan Serahterimakan 25 Unit Rumah Khusus MBR di Magelang

JagatBisnis.com –  Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya untuk meningkatkan angka ketersediaan rumah layak huni untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui program bantuan pembangunan 25 rumah khusus (Rusus) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Pembangunan Rumah Khusus memiliki tujuan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah dengan kriteria tertentu,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta beberapa waktu lalu.

Khalawi menerangkan, bahwa pemerintah selalu hadir untuk membantu dan menyediakan rumah layak huni untuk masyarakat dengan membangun rumah khusus yang menjadi bagian dari Program Sejuta Rumah.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Dorong Pemkab Lumajang Kelola Huntap BSD

“Kami berharap pemerintah daerah setempat bisa menyediakan lahan yang siap bangun sebagai lokasi pembangunan rumah khusus tersebut,” terangnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III, Moch Mulya Permana menyatakan, dengan pembangunan Rusus Danurejo ini, masyarakat kembali mendapatkan asa untuk memiliki hunian yang layak. Rusus tersebut juga telah diserahterimakan kepada penerima bantuan pada pertengahan bulan Maret lalu.

“Kami berharap penerima bantuan Rusus ini mampu merawat dan menjaga hunian yang yang telah dibangun melalui Kementerian PUPR.”

Baca Juga :   Kementerian PUPR–BSI Siap Salurkan Dana Program BSPS Senilai Rp69,4 Miliar di Aceh

Lanjut, Mulya menerangkan, total Rumah Khusus yg dibangun Direktorat Jenderal Perumahan di Jawa Tengah sejak 2016 hingga 2020 sebanyak 218 unit. Sedangkan total unit Rusus yang diserahterimakan saat ini sejumlah 25 unit rumah.

Rusus ini memiliki tipe 28 dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Anggaran pembangunan rumah khusus per unit adalah Rp 102 juta sehingga total anggaran untuk pembangunan sekitar Rp 2,5 Milyar.

“Fasilitas yang ada di setiap unit ini berupa satu ruang keluarga, dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur. Di kompleks Rusus ini juga ada fasilitas umum berupa taman dan prasarana, sarana serta utilitas yang memadai sehingga masyarkat bisa nyaman tinggal bersama keluarganya,” harapnya.

Baca Juga :   Ubah Gaya Hidup Untuk Rumah Pertama

Salah satu penerima bantuan Rusus, Sekar Sukma mengatakan bahwa dirinya beserta keluarga merasa bersyukura dan bahagia karena bisa mendapatkan bantuan rumah khusus ini.

“kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rusun ini. Tapi meskipun sudah mendapatkan Rusus, kami tetap ingin memiliki rumah sendiri,” terangnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO