Berita  

Anis Byarwati Dilantik Wakil Ketua BAKN DPR RI

JagatBisnis.Com – Fraksi PKS DPR RI menempatkan Anis Byarwati sebagai Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI periode 2019-2024 menggantikan Ahmad Syaikhu.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memimpin langsung pelantikan tersebut, di DPR RI, Jakarta, Senin (8/3/2021). Anis menjadi perempuan pertama yang duduk sebagai Wakil Ketua sekaligus anggota BAKN DPR RI hingga saat ini.

Anis mengatakan, BAKN merupakan alat kelengkapan dewan yang bersifat tetap, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 Pasal 112A sampai dengan pasal 112G .

Baca Juga :   Kebijakan Ekonomi Lebih Penting Daripada Vaksin

“Dalam hal pengawasan penggunaan keuangan negara, BAKN berfungsi untuk melakukan penelaahan terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK RI,” kata Anis dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Baca Juga :   Pemerintah Harus Cari Solusi Anggaran PEN yang Belum Terserap

Menurutnya, BAKN berkontribusi positif dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas penggunaan keuangan negara. Oleh sebab itu, dirinya berharap, pengelolaan keuangan negara dapat lebih transparan dan akuntabilitas.

Baca Juga :   Komisi XI: Pemerintah Tidak Bisa Gunakan Dana PEN Untuk Bangun IKN

“Sehingga kepercayaan publik/masyarakat terhadap DPR RI, khususnya dalam melaksanakan fungsi pengawasan dengan tujuan akhirnya adalah menyejahterakan rakyat Indonesia,” pungkasnya.(eva)

MIXADVERT JASAPRO