Kementerian PUPR Bangun 193 Rumah Khusus di Wamena

JagatBisnis.com –  Pembangunan rumah layak huni dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat secara merata di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan rumah khusus sebanyak 193 unit bagi masyarakat di Wamena, Papua yang mengalami kerusakan akibat kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kami membangun sebanyak 193 unit rumah khusus pasca kerusuhan untuk masyarakat Wamena di Papua,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta beberapa waktu lalu.

Rumah khusus pasca kerusuhan tersebut dibangun dengan tipe 36 dengan tipologi rumah konvensional tunggal. Dalam proses pembangunannya, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR menjalin kerjasama dengan Dit. Zeni TNI-AD serta Dinas Perumahan Kota Wamena.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Target Pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi IKN Selesai Tahun Depan

“Kami melibatkan TNI dan Dinas Perumahan Kota Wamena untuk membangun rumah khusus ini. Jumlah personel ZENI TNI yang terlibat sebanyak 150 orang. Sedangkan titral anggaran pembangunan untuk 193 rumah khusus tersebut sebesar Rp 74,25 Milyar,” katanya.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Jaring Usulan Bantuan PSU Rumah Bersubsidi

Khalawi menjelaskan, pada tahun anggaran 2019 lalu Direktorat Jenderal Perumahan yang ditugasi untuk melaksanakan pembangunan tersebut telah berhasil membangun rumah khusus tahap pertama sejumlah 20 unit. Saat ini proses pembangunan rumahnya telah selesai 100 persen dan telah dihuni oleh masyaraakat.

“Untuk pembangunan rumah khusus pasca kerusuhan tahap pertama di Wamena telah terbangun sebanyak 20 unit dan saat ini sudah dapat duhuni oleh masyarakat,” katanya.

Baca Juga :   Bendungan Disewakan kepada Swasta untuk Pemanfaatan EBT

Lebih lanjut, Khalawi menambahkan, jumlah kekurangan rumah khusus juga telah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu yakni proses pembangunan tahap kedua sebanyak 173 unit. Pembangunan rumah khusus tahap kedua dilaksanakan terbagi ke dalam 20 kelompok berdasarkan zonasi.

“Kami berharap bangunan Rusus ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Wamena,” harapnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO