Tekno  

Google Photos Bakal Terintegrasi ke Chrome OS

JagatBisnis.Com – Google bakal mengintegrasikan layanan Photos ke dalam Chrome OS, yaitu pengguna bisa mengakses foto yang tersimpan di Photos langsung dari file manager di perangkatnya.

Informasi ini diketahui dari perubahan di Chromium Gerrit yang ditemukan oleh Android Police. Dari perubahan tersebut terlihat kalau tim pengembang Google sudah memulai perubahan untuk integrasi tersebut.

“Fitur semacam ini serupa dengan yang dilakukan oleh Apple. Yaitu pengguna iPhone dan MacBook (membackup foto di iCloud) bisa mengakses langsung foto yang diambil di iPhone lewat file manager dan tanpa perlu menggunakan browser di MacBook-nya,” kata Google, Kamis (25/2/2012).

Baca Juga :   Keuntungan Induk Perusahaan Google Kuartal l-2021 Mencapai Rp261 Triliun

Saat ini, lanjutnya, pengguna Google Photos harus mendownload fotonya terlebih dahulu jika mau digunakan di perangkatnya, baik itu Chrome OS, Windows, macOS, dan lainnya.

‘Pinjam meminjam’ fitur ini hal lazim di dunia teknologi. Seperti Apple yang membolehkan aplikasi iOS bisa berjalan di Mac dengan Apple Silicon. Sebelumnya, Google sudah membolehkan aplikasi Android berjalan di perangkat Chrome OS.

Baca Juga :   Waduh, Ada 400 Bahasa Indonesia Terancam Punah

“Google Photos sendiri sejauh ini adalah layanan cloud storage untuk foto yang paling menarik. Karena menawarkan storage gratis tanpa batas untuk foto yang sedikit terkompres,” tegasnya.

Namun mulai 1 Juni 2021 mendatang, kata Google lagi, pengguna hanya punya kapasitas gratis sebanyak 15GB. Langkah ini diambil Google untuk mendorong penggunanya menggunakan layanan Google One, yaitu cloud storage berbayar mereka.

Baca Juga :   Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

“Jadi setelah tanggal 1 Juni 2021 setiap foto dan video baru yang diunggah ke Google Photos akan dihitung dalam penyimpanan default 15GB yang pengguna akan dapatkan setiap akun Google baru. Untungnya untuk foto yang sudah masuk ke Photos sebelum 1 Juni 2021 tak akan dihitung dalam kapasitas 15GB tersebut, alias terpisah,” tutupnya.(ESA/HAB)

MIXADVERT JASAPRO