Direktur RUK Tinjau Sejumlah Lokasi Relokasi Warga Korban Longsor di Sumedang

JagatBisnis.com –   Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Fitrah Nur bersama sejumlah pejabat di Direktorat Jenderal Perumahan melakukan peninjauan lapangan ke sejumlah lokasi yang akan dijadikan alternatif relokasi korban longsor di Sumedang.

“Ada tiga lokasi yang kami tinjau untuk relokasi warga tersebut,” ujar Direktur RUK Fitrah Nur di Sumedang beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil peninjauan lapangan, imbuhnya, lokasi yang diusulkan memiliki  lahan yang cukup luas. Lokasi pertama adalah tanah kas Desa Tegal Manggung milik Pemda setempat.

Baca Juga :    Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur

Di lokasi tersebut nantinya bisa digunakan untuk relokasi terpusat. Luas lahan yang ada sekitar 27,26 hektar dan saat ini masih berupa lahan kebun atau ladang.

“Lokasi ini juga diminati oleh warga terdampak namun terkendala pembebasan lahan,” terangnya.

Lokasi kedua berada di kawasan Perumahan El Hago Residence milik PT Altha Land Property yang menjadi anggota asosiasi pengembang Asprumnas.
Di lomasi ini bisa digunakan untuk relokasi mandiri dan memiliki luas lahan 10 hektar. Saat ini eksisting berupa lahan perumahan namun terkendala masih belum disepakatinya pembiayaan pembangunan rumah.

Baca Juga :   Ditjen Perumahan Serahterimakan 25 Unit Rumah Khusus MBR di Magelang

Adapun lokasi ketiga berada di Lokasi Perumahan PT. SBG dan dapat digunakan untuk relokasi mandiri dengan luas lahan 14 hektar. Kondisi eksisting berupa lahan perumahan dan lokasi sudah direkomendasi oleh ahli geologi namun diperlukan pematangan lebih lanjut.

“Kami minta Pemda segera memutuskan lokasi relokasi yang tepat untuk warga. Jadi kami bisa segera menyalurkan bantuan perumahan berupa pembangunan Risha,” katanya.

Sebagai informasi, jumlah korban bencana longsor berdasarkan Keputusan Bupati Sumedang Nomor 74 Tahun 2021 tentang Penetapan Kepala Keluarga Korban Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang yang Direlokasi tanggal 29 Januari 2021 adalah sebanyak 129 KK. Jumlah ini masih terus bertambah seiring dengan hasil identifikasi Tim Penanganan Bencana Kabupaten Sumedang, yaitu sebanyak 131 KK (data 9 Februari 2021) dan 139 KK (data 11 Februari 2021).

Baca Juga :   Pembangunan Rusun ASN PUPR di Bogor Hampir Rampung

“Kami menunggu hasil validasi final terkait data warga terdampak bencana longsor dan identifikasi lokasi relokasi mandiri yang diusulkan oleh pengembang Perumahan SBG dan Perumahan Pondok Daud yang terdampak longsor,” terangnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO