Sepanjang 2020, Polri Tindak 352 Kasus Hoax

Ilustrasi hoax

JagatBisnis.com – Selama kurun durasi satu tahun pada 2020, Polri mengklaim telah menangani sebesar 352 permasalahan penyebaran informasi dusta alias hoax. Kepala Bagian Ikatan Warga Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono, mengatakan beragam jenis hoax yang disebar sampai membuat gelisah warga.

Yang sangat terkini merupakan informasi hoax pertanyaan Jakarta lockdown. Dalam hoax yang terhambur, Kepala negara Joko Widodo yang mengatakan perihal ini. Padahal, faktanya hingga saat ini tidak terdapat ketetapan pertanyaan lockdown.

” Kita dari Polri dan Kemenkes berambisi warga untuk melihat dari terdapatnya broadcast itu. Kegiatan untuk COVID dapat diperiksa langsung ke Kemenkes, terdapat web dan nomor kontaknya terdapat kebenarannya di situ,” tutur Argo pada reporter, Sabtu, 6 Februari 2021.

Baca Juga :   Brigjen Rusdi Beberkan Cara Agar KKB Tak Ganggu PON Papua

Mantan Kepala Bidang Ikatan Warga Polda Metro Berhasil ini meminta warga dapat berjaga- jaga saat mengedarkan sesuatu informasi. Ia menganjurkan warga dapat mencari informasi yang asi saat sebelum memutuskan mengedarkan sesuatu informasi. Jangan hingga informasi yang akan disebar ternyata menyesatkan.

Baca Juga :   330 Personel Dikerahkan untuk Amankan Autopsi Ulang Brigadir J

” Warga dimohon untuk tapis dahulu informasi terkini esok di- sharing. Kadangkala dari grup sisi langsung digeser, dikirimkan, wajib dibaca benar,” ucapnya.

Baca Juga :   Rumah Dinas Jenderal Sambo Masih Dijaga Polisi Pasca-Penembakan selama Sepekan

Argo menegaskan jika memang tidak betul jangan dishare kembali. Hendaknya pertanyaan ke Kemenkes, ataupun dapat pula ditanyakan ke kepolisian.

” Esok kita komunikasikan ke lembaga yang berhak,” tutur ia lagi. (ser)

MIXADVERT JASAPRO