Transaksi Pakai Dinar-Dirham, Pemilik Pasar Muamalah Diamankan Petugas

Koin dinar yang digunakan untuk transaksi di Depok.

JagatBisnis.com – Pemilik Pasar Muamalah Depok, Imam Zaidi, dibekuk interogator Direktorat Perbuatan Kejahatan Ekonomi Spesial Bareskrim Polri. Diduga, Imam dibekuk terkait berbisnis menggunakan dinar dan dirham di wilayah Jalur Tanah Terkini, Beji, Depok, Jawa Barat.

Perihal itu dibenarkan oleh Ketua Perbuatan Kejahatan Ekonomi Spesial (Dirtipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Helmy Santika.

“ Iya betul( terkait bisnis gunakan dinar dan dirham),” tutur Helmy saat dikonfirmasi reporter pada Rabu, 3 Februari 2021.

Tetapi, Helmy belum dapat menjelaskan dengan cara rinci terkait pengungkapan permasalahan itu. Bagi ia, keterangan lebih komplit akan disampaikan langsung oleh Bagian Humas Polri mengenang masih dilakukan pengecekan kepada Imam.

Baca Juga :   Akun WhatsApp Jurnalis Palestina Diblokir, Pesan dan Data Hilang saat Pulih

Pasar Muamalah tiba- tiba viral setelah diunggah ke alat sosial. Orang dagang menyangkal jika bisnis cuma diharuskan menggunakan dinar dan dirham.

Anto salah satu orang dagang di pasar itu mengatakan, bisnis menggunakan dinar dan dirham tidak harus. Orang dagang dan konsumen masih banyak yang menggunakan mata uang rupiah.

Baca Juga :   Pelaku Pembakaran Rumah Kades di Sibolangit Ditangkap Polisi

Bahkan, sistem niaga di mari dapat menggunakan sistem tukar barang, ataupun silih ubah benda sesuai angka bisnis yang diperdagangkan.

“ Itu( dinar- dirham) jika yang dapat aja, yang dapat betul dapat. Yang enggak dapat, dapat tukar barang benda,” tuturnya belum lama ini.

Kegiatan jual beli itu biasanya berjalan setiap hari Minggu dan berbentuk ekspo, bukan pasar pada biasanya. Tetapi kelainannya lagi, para orang dagang yang ikut serta tidak dikenakan biaya carter alas. Perihal ini menjajaki era Rasulullah.

Baca Juga :   7 Orang Terluka Akibat Penembakan Brutal di Philadelphia

” Syarat enggak terdapat. Di mari kan leluasa, leluasa carter, enggak dipungut biaya. Dari golongan mana saja mereka bisa bisnis,” ucapnya.

Anto mengatakan, orang dagang yang muncul tidak cuma dari Depok, tetapi pula terdapat yang terencana tiba dari Jakarta dan wilayah pembangkang yang lain.“ Rancangan nya independensi saja. Gunakan apa saja,” tuturnya. (ser)

MIXADVERT JASAPRO