Tekno  

Serangan Siber Bayangi Digitalisasi Asia Tenggara

jagatBisnis.com – Transformasi digital di wilayah Asia Tenggara, yang terjadi akibat pandemi COVID-19, diperkirakan akan tetap berlangsung tahun ini, namun rawan serangan siber.

Perusahaan yang bergerak di keamanan siber, Kaspersky, melihat pengguna internet di Asia Tenggara berjumlah hampir 70 persen dari populasi, atau sekitar 400 juta orang.

Sayangnya, karena keterampilan digital yang tidak merata, faktor manusia menjadi celah yang dimanfaatkan peretas untuk melancarkan serangan siber di wilayah ini. Sepanjang tahun 2020, Kaspersky menekankan serangan terbanyak berupa cryptomining, phishing, ransomware dan DDos.

Sementara peretas, mereka memanfaatkan COVID-19 untuk melancarkan serangan termasuk untuk sektor kesehatan.

“Kami tidak melihat ada yang berubah dalam waktu dekat. Orang-orang di wilayah Asia Tenggara akan tetap bersosialisasi dan selalu mencari cara untuk menjadi produktif dengan menggunakan teknologi. Dalam dunia bisnis, kami melihat bahwa pekerjaan jarak jauh akan dilakukan di sebagian besar sektor bahkan setelah pandemi mereda sekalipun,” kata Yeo Siang Tiong, General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga :   Inggris Akan Larang Pemasangan Peralatan 5G Huawei

“Sekarang adalah waktu untuk merefleksikan pelajaran tahun 2020 dan kami menyarankan perusahaan untuk mulai membuat strategi keamanan jika sebelumnya tidak tersedia, atau merevisi yang sudah ada agar secara efektif dapat beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dan sebagai upaya melindungi tenaga kerja,” dia melanjutkan.

Baca Juga :   Inggris Akan Larang Pemasangan Peralatan 5G Huawei

Kasperksy melihat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari segi keamanan siber, antara lain digitalisasi, sektor kesehatan dan penggelaran 5G di sejumlah negara.

Popularitas bekerja dari rumah, atau work from home, meningkat sejak pandemi. Secara otomatis karyawan membutuhkan jaringan yang aman untuk terhubung ke jaringan kantor mereka, misalnya dengan menggunakan VPN.

Ketergantungan pada VPN, menurut Kaspersky, membuka potensi vektor serangan, misalnya menggunakan rekayasa sosial, social engineering, untuk mendapatkan akses ke VPN perusahaan.

Pada sektor kesehatan, Kaspersky melihat adanya peningkatan serangan terhadap fasilitas medis di berbagai negara, terutama untuk pengembangan vaksin. Di Asia Tenggara, perusahaan tersebut juga melihat tren penggunaan aplikasi telemedis naik.

Baca Juga :   Inggris Akan Larang Pemasangan Peralatan 5G Huawei

Tren ini juga dibayangi ancaman siber mengingat semakin banyak data pasien yang berada di dunia maya.

Berkaitan dengan rencana jaringan 5G di sejumlah negara di Asia Tenggara, Kaspersky melihatnya sebagai potensi serangan di permukaan karena perangkat lunak lebih mudah diakses dan lebih mudah ditemukan kerentanannya.

Teknologi 5G menitikberatkan fungsi operasional pada perangkat lunak dibandingkan perangkat keras.

Sektor lainnya yang perlu diperhatikan menurut Kaspersky adalah pemilihan umum, yang berpotensi diwarnai disinformasi di dunia maya, serta ransomware yang diperkirakan masih akan naik tahun ini, baik dari angka serangan maupun jumlah uang tebusan yang diminta peretas.(ser)

MIXADVERT JASAPRO