Tekno  

Nasib Facebook, Twitter dan YouTube Lagi Terancam

jagatBisnis.com – FacebookTwitter dan YouTube jangan macam-macam dengan Rusia. Sebab, negeri Beruang Putih itu segera mensahkan regulasi untuk memblokir tiga platform asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Mengutip situs Gizchina, Senin, 28 Desember 2020, anggota parlemen Rusia dilaporkan bergerak selangkah lebih dekat untuk mengizinkan regulator memblokir platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Pemblokiran akan dilakukan jika ketiga platform tersebut dianggap telah menyensor konten yang diproduksi oleh Rusia.

Majelis Rendah Rusia, yang mengeluarkan draf rancangan undang-undang, mengatakan bahwa pihak berwenang dapat memblokir platform jika mereka ditemukan membatasi informasi berdasarkan kebangsaan dan bahasa. Tidak hanya itu, situs internet juga dapat dikenai sanksi jika terjadi diskriminasi terhadap konten media Rusia.

Baca Juga :   Elon Musk 'Bersih- bersih' Keluarkan Petinggi Twitter

Dalam catatan penjelasan yang terlampir dalam RUU disebutkan bahwa tahun ini pihak berwenang telah menerima keluhan dari media Rusia bahwa akun mereka telah disensor oleh platform media sosial Twitter, Facebook, dan YouTube.

Baca Juga :   Facebook Siapkan Dana Rp12,5 M Bantu UKM Indonesia

Saat ini, RUU tersebut perlu mendapat persetujuan dari Majelis Tinggi Dewan Federasi Rusia sebelum Presiden Vladimir Putin menandatangani menjadi undang-undang. Rusia dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan upayanya untuk mengontrol internet dengan dalih memerangi ekstremisme online.

Pada 2018, Rusia memerintahkan layanan pesan terenkripsi Telegram untuk diblokir, meskipun upaya tersebut diakhiri awal tahun ini setelah salah satu pendiri Pavel Durov melaporkan langkah-langkah untuk memerangi ekstremisme.(ser)

MIXADVERT JASAPRO