Parkir Sambil Nyalakan AC Mobil, Segini Bensin yang Terpakai

jagatBisnis.com – Terkadang ada pengguna mobil yang harus memarkir kendaraan di bawah terik matahari, entah itu karena parkiran gedung penuh atau mampir beberapa saat untuk membeli sesuatu di pinggir jalan.

Apabila hal itu dilakukan bersama anggota keluarga atau rekan kerja, maka yang umum dilakukan adalah membiarkan mesin hidup sembari menyalakan penyejuk kabin atau AC.

Jika hal itu dilakukan hanya beberapa menit, maka bensin yang dipakai mungkin tidak akan berkurang banyak. Tapi, bagaimana bila mobil diparkir dalam kondisi AC menyala selama satu jam lebih?

Dilansir dari laman Cartoq, Minggu 22 November 2020, seorang pemilik mobil Maruti Baleno Hatchback di India memutuskan untuk melakukan percobaan.

Baca Juga :   Jangan Pasang Stiker Ini Jika Tak Mau Mobilmu Hilang

Ia mengisi bensin hingga tangki penuh, kemudian menuju salah satu parkiran luar ruangan. Dengan kondisi matahari bersinar terik, ia membiarkan mesin dan AC hidup selama satu jam.

Baca Juga :   Adu Keren Mobil Joe Biden dan Donald Trump

Agar lebih yakin, pria bernama Arun Pawar itu menambah waktu percobaan sebanyak 20 menit. Setelah itu, ia menuju stasiun pengisian bahan bakar umum yang sama, dan mengisi tangki hingga penuh lagi.

Setelah dihitung, ternyata bensin yang dipakai selama mobil dalam kondisi diam tapi AC menyala adalah 1,66 liter. Jika dikonversi dengan harga BBM Pertalite di Indonesia, maka uang yang dikeluarkan adalah sebanyak Rp12.700.

Baca Juga :   Sopir Mobil Tabrak 6 Pesepeda di PIK

Sebagai informasi, Baleno Hatchback yang ia gunakan dibekali mesin bensin berkapasitas 1.200cc, yang dapat menghasilkan tenaga 83 daya kuda dan torsi 115 Newton meter.

Satu hal yang perlu jadi catatan, apabila suhu cuaca tidak terlalu panas maka AC mobil akan bekerja lebih ringan. Efeknya, penggunaan BBM menjadi sedikit lebih irit, meski angkanya tidak besar.(ser)

MIXADVERT JASAPRO