Tekno  

Trump Akan Kehilangan Proteksi Khusus Twitter

jagatBisnis.com – Presiden AS Donald Trump akan tunduk pada aturan Twitter yang sama seperti pengguna lainnya ketika presiden terpilih Joe Biden menjabat pada 20 Januari 2020, menurut perusahaan media sosial tersebut.

Twitter menyematkan pemberitahuan ‘kepentingan publik’ pada sejumlah cuitan dari ‘pemimpin dunia’ yang melanggar aturan di platform media sosial tersebut, yang jika pengguna adalah masyarakat biasa akan dihapus.

Cuitan semacam itu, dari kandidat politik dan pejabat terpilih atau pemerintah, disembunyikan dan Twitter mengambil tindakan untuk membatasi jangkauan cuitan.

Baca Juga :   Langgar Peraturan Lingkungan Hidup, Hotel Donald Trump Terancam Didenda US$12 Juta

Namun, Twitter mengatakan perlakuan ini tidak berlaku untuk mantan pejabat.

“Kerangka kebijakan ini berlaku untuk para pemimpin dunia saat ini dan kandidat untuk jabatan, dan bukan warga negara saat mereka tidak lagi memegang posisi ini,” kata juru bicara Twitter, seperti dilansir Reuters.

Twitter telah menambahkan beberapa peringatan dan label ke cuitan akun @realDonaldTrump, sejak Selasa pekan lalu (3/11/2020), termasuk banyak di antaranya yang berisi tuduhan penipuan suara yang tidak berdasar.

Twitter pertama kali menyembunyikan salah satu cuitan akun tersebut di balik label ‘kepentingan publik’ pada Mei lalu ketika Trump melanggar kebijakan perusahaan yang mendukung kekerasan.

Sementara, untuk kebijakan Facebook, tampaknya setelah Biden menjabat pada Januari, unggahan Trump juga tidak lagi dikecualikan dari peninjauan oleh mitra cek fakta pihak ketiga Facebook.

Baca Juga :   Trump Isyaratkan akan Kembali Maju ke Pemilu AS 2024

Kebijakan Facebook memberikan pengecualian untuk cek fakta bagi politisi, sebagai kandidat yang mencalonkan diri, kemudian pemegang jabatan saat ini dan anggota kabinet mereka, bersama dengan partai politik dan pimpinan partai politik mereka.

Baca Juga :   Curhat Kaesang Tak Lagi Bela Gibran

Dikatakan bahwa ‘mantan kandidat untuk jabatan atau mantan pejabat tetap akan diperiksa oleh program cek fakta pihak ketiga’.

Facebook tidak menjawab pertanyaan Reuters tentang bagaimana raksasa media sosial tersebut akan memperlakukan akun Trump.

Kemenangan Biden di Pennsylvania pada Sabtu (6/11/2020), menempatkan kandidat presiden AS dari Partai Demokrat itu di atas ambang batas suara yang diperlukan untuk merebut kursi kepresidenan.

Meski demikian, Trump dari Partai Republik belum mengakui dan berencana untuk melakukan banding hasil suara ke pengadilan.(ser)

MIXADVERT JASAPRO