Tekno  

Pengiriman Ponsel 5G Akan Capai 750 Juta di 2022

jagatBisnis.com – CEO Qualcomm Steve Mollenkopf meyakini pengiriman smartphone 5G secara global akan mencapai 750 juta unit pada 2022.

Selanjutnya, dalam Tianyi Intelligent Ecological Industry Summit Forum, yang juga dihadiri oleh produsen teknologi, termasuk Huawei, ZTE, MediaTek, Samsung, dan Xiaomi, Steve juga memperkirakan jumlah koneksi 5G global akan melebihi 1 miliar pada 2023.

“Komunikasi nirkabel telah menjadi teknologi koneksi yang sangat baik, sehingga proses komersial 5G dipercepat seperti yang diharapkan,” ujar Mollenkopf, seperti dilansir Gizchina.

Jika perkiraan tersebut benar, maka pencapaian angka itu akan menjadi dua tahun lebih cepat dari 4G. Pada 2025, jumlah koneksi 5G global diperkirakan akan mendekati 3 miliar, dan lalu lintas 5G akan menyumbang 45 persen dari lalu lintas data jaringan seluler global.

Baca Juga :   Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 888

Terlepas dari teori konspirasi yang sedikit memperlambat, perkembangan jaringan 5G dinilai masih sangat masif.

Baru-baru ini, Qualcomm mengumumkan peluncuran serangkaian platform chip infrastruktur jaringan 5G. Dengan langkah ini, perusahaan teknologi asal AS itu mempercepat ekosistem seluler virtualisasi dan transformasi interoperabilitas Radio Access Networks (RAN).

Ketiga platform tersebut antara lain platform unit frekuensi radio Qualcomm, platform unit terdistribusi Qualcomm dan platform unit radio terdistribusi Qualcomm. Platform baru ini adalah kumpulan solusi yang memungkinkan operator seluler menyebarkan generasi baru jaringan RAN virtual (vRAN) konvergen terbuka.

Baca Juga :   Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 888

Selain itu, platform ini dirancang untuk mendukung produsen peralatan komunikasi untuk mengubah jaringan publik dan jaringan pribadi perusahaan nirkabel menjadi platform inovatif untuk mewujudkan potensi penuh 5G.

Platform seri 5G RAN hadir untuk mendukung produsen peralatan jaringan yang sudah ada dan yang baru muncul untuk mempercepat penerapan dan komersialisasi peralatan dan fitur vRAN.

Baca Juga :   Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 888

Platform baru tersebut menyediakan arsitektur yang dapat diskalakan dan fleksibel untuk penyebaran stasiun basis makro dan stasiun basis kecil, serta mendukung semua opsi pembagian fungsi 5G antara unit terdistribusi (DU) dan unit radio (RU).

Qualcomm bekerja sama dengan operator seluler terkemuka untuk mempercepat transisi ke peralatan komunikasi generasi mendatang. Sampel teknik pertama dari platform Qualcomm 5G RAN akan tersedia pada paruh pertama 2022.(ser)

MIXADVERT JASAPRO