Kemendikbud Kembali Beri Bantuan Kuota Internet

jagatBisnis.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen, mulai Kamis (22/10) besok. Penyaluran ini merupakan yang kedua setelah pertama dikirim bulan lalu.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendikbud, Evy Mulyani mengatakan penyaluran bantuan kuota bakal sesuai jadwal. Tahap pertama diberikan pada 22-23 Oktober dan tahap kedua pada 28-30 Oktober.

“Penyaluran bantuan kuota data internet periode Oktober direncanakan dilaksanakan sesuai dengan peraturan sekretaris jender (persesjen) tersebut. Tentunya, berbagai persiapan teknis telah dan sedang dilaksanakan,” katanya dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga :   YPA-MDR Berkomitmen Terus Majukan Pendidikan Indonesia

Sementara itu, Kepala Pusdatin Kemdikbud Hasan Chabibie menambahkan, pada penyaluran kuota bulan ini, peserta yang sudah menerima bantuan di bulan September 2020 secara otomatis menerima kuota lagi. Kemudian ada peserta tambahan yang datanya baru diverifikasi ke Pusat Data dan Informasi Kemendikbud.

“Ada 27,3 juta peserta yang menerima kuota pada bulan lalu. Banyak peserta baru yang bakal mendapat kuota bulan ini. Bantuan kuota di bulan ini bakal berlaku 30 hari terhitung semenjak bulan inj. Keseluruhan peserta tersebut bakal menerima kuota gratis hingga Desember 2020,” bebernya.

Menurutnya, siswa PAUD bakal menerima 20 GB, siswa jenjang dasar dan menengah 30 GB, guru 42 GB, serta mahasiswa dan dosen 45 GB. Jumlah kuota dari semua peserta bakal dibagi menjadi kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum berjumlah 5 GB, dapat dipakai secara bebas. Sisanya berupa kuota belajar yang digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs yang ditentukan Kemendikbud.

“Penyaluran kuota dikirim langsung oleh masing-masing operator ke nomor peserta. Jika sudah mendapat kuota, operator bakal memberikan notifikasi berupa SMS yang menyatakan kuota sudah aktif,” tutupnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO