Tekno  

Apple Diizinkan Blokir Game Fortnite di App Store

jagatBisnis.com – Hakim federal di California, AS, mengeluarkan keputusan bahwa Apple Inc bisa melarang aplikasi game buatan Epic Games, yakni Fortnite, di Apple App Store.

“Pengadilan tetap mempertahankan temuan dari perintah larangan sementara dan maka dari itu, mengabulkan sebagian dan menyangkal sebagian mosi Epic Games untuk perintah sementara,” kata Hakim Distrik Yvonne Gonzalez Rogers, seperti dilansir Reuters.

Apple diizinkan memblokir game Fortnite di toko aplikasi mereka, namun, tidak boleh merugikan peralatan untuk pegembang, termasuk perangkat lunak Unreal Engine yang digunakan oleh ratusan game lain.

Baca Juga :   China Lock Down, Apple Alihkan Produksi ke India

Pada bulan lalu, Epic Games mengajukan perintah sementara, preliminary injuction, agar game Fortnite bisa kembali masuk ke Apple App Store, termasuk juga akun pengembang.

 

Epic Games sejak Agustus lalu menuntut Apple karena mereka mengenakan komisi 30 persen untuk pembelian di App Store. Epic Games juga menuduh Apple antikompetisi.

Baca Juga :   Apple Hadirkan MacBook dengan Chip Buatan Sendiri

Tuntutan ini bermula ketika Apple menghapus game Fortnite dari App Store karena Epic Games menggunakan sistem pembayaran sendiri, alih-alih menggunakan sistem buatan Apple sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Apple juga mengancam Epic Games akan menghapus akun pengembang mereka. Pengadilan sebelumnya mengeluarkan perintah darurat yang menyebutkan Apple boleh menarik gim Fortnite dari App Store, namun, tidak boleh untuk peralatan pengembang buatan Epic Games.

Baca Juga :   Pekerja Apple di Australia Bersiap Mogok Lagi

Hakim distrik tersebut mengatakan Epic Games memiliki alasan yang kuat soal distribusi eksklusif di App Store dan sistem komisi 30 persen, namun, argumen kontra yang mereka sampaikan kurang cukup. (ser)

MIXADVERT JASAPRO