Canggihnya Asisten Polisi Ini, Mirip Kepunyaan Iron Man

Robot Bobota karya Polres Bojonegoro

jagatBisnis.com – Film Iron Man disukai oleh banyak orang, karena mempertontonkan kecanggihan teknologi. Hal itu kemudian menjadi inspirasi bagi sebagian kalangan, untuk mewujudkan versi aslinya.

Salah satunya, seperti yang ada di Jawa Timur, Polres Bojonegoro berinovasi mengembangkan robot, yang bisa digunakan untuk membantu pihak kepolisian dalam hal penegakan hukum.

Fungsi robot ini adalah sebagai asisten, sama seperti yang dimiliki Tony Stark di film. Bedanya, ada beberapa fitur yang pengoperasiannya masih manual.

Baca Juga :   Syarat yang Dimiliki Polisi Jika Ikut Pasukan Perdamaian Afrika Tengah

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @polisi_indonesia, Senin 12 Oktober 2020, robot tersebut berwujud kendaraan kecil yang digerakkan secara remote dari kantor pusat.

Baca Juga :   Jokowi Minta TNI-Polri Miliki Talent Digital

Fungsinya bermacam-macam, mulai dari mendeteksi apakah ada warga yang tidak mengenakan masker hingga sistem komunikasi dua arah dengan menggunakan video call.

Petugas operator akan memberi imbauan dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan warga, lewat mikrofon serta kamera yang terpasang di robot bernama Bobota tersebut.

Baca Juga :   Perpol Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Resmi Diundangkan

Tak hanya itu, kamera juga bisa mengindentifikasi pelat nomor mobil dan motor yang lewat, dan memberi peringatan pada petugas jika kendaraan tersebut masuk dalam daftar hitam. Tersedia juga lampu pengatur lalu lintas, yang bisa dimanfaatkan di titik-titik yang dibutuhkan.(ser)

MIXADVERT JASAPRO