Wisata  

10 Makanan Khas Rembang yang Wajib Anda Coba

jagatBisnis.com – Rembang tak hanya menyuguhkan keragaman destinasi wisata alamnya, ada beragam jenis makanan khas Rembang yang menggoyang lidah. Cita rasa lokal dengan kelezatan yang khas dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Baca Juga :   20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Kabupaten Rembang memiliki kekayaan kuliner khas turun temurun yang akan sangat sayang jika tidak dilewatkan. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Garam ini tanpa mencicipi makanan khasnya. keragaman kuliner kota tersebut mungkin tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Oleh sebab itu, berikut akan diulas mengenai keragaman makanan khas Kota Rembang yang wajib dicoba para wisatawan saat singgah di kota ini.

1. Soto Rembang

Soto Rembang

Image Credit: Wisataku.id

Menempati posisi pertama sebagai kuliner khas Kota Rembang yang paling diminati yakni, Soto Rembang. Makanan berkuah yang satu ini memiliki bentuk yang sama seperti soto pada umumnya. Yang menjadi pembedanya ialah kekentalan kuah yang memiliki rasa gurih nan kuat. Biasanya, kuliner yang satu ini banyak dijadikan sebagai menu santap sarapan yang akan menambah energi bagi siapa pun yang menyantapnya.

Bila Anda berkesempatan untuk mengunjungi Kota Rembang, maka wajib bagi Anda untuk mencicipikuliner yang satu ini. Untuk bisa menemukan Soto Rembang pun tidak susah. Anda bisa datang ke daerah alun alun kota Rembang, dimana Anda juga akan disuguhkan berbagai kios yang menjual Soto Rembang. Harga yang dibanderol pun juga sangat terjangkau. Untuk satu porsinya hanya dipatok sekitar Rp.7 ribuan saja.

2. Kue Satru

Kue Satru

Image Credit: Dailywuz.com

Salah satu makanan khas Kota Rembang yang banyak diburu para wisatawan ialah Kue Satru. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan legit karena terbuat dari sagu dan kacang hijau. Memiliki tekstur padat dengan rontokan sagu dan kacang hijau yang muncul di permukaan kue. Selain itu, Kue Satru juga memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari bentuk daun, bintang, hingga bunga.

Selain gurih dan nagih, rasa jajanan satu ini juga manis. Hal ini dikarenakan, saat proses pembuatan kue tersebut, di bagian dalam diisi gula yang biasanya berupa cairan atau berbentuk padat. Kombinasi yang sempurna menghasilkan cita rasa dari Kue Satru semakin diminati para wisatawan. Jajanan satu ini juga sangat mudah ditemui di beberapa toko yang tersebar di Kota Rembang. Harganya pun juga relatif terjangkau alias murah meriah.

3. Jadah

Jadah

Image Credit: Bukalapak.com

Kuliner khas Rembang yang juga patut dicoba ialah Jadah. Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis kue tradisional, yang memiliki rasa gurih dan cenderung manis. Kue tersebut dibuat dari beras ketan yang dipadukan dengan parutan kelapa muda yang diberi sedikit garam halus. Biasanya, Jadah berbentuk kubus atau kotak yang dibungkus menggunakan daun pisang. Anda bisa menemukan kue ini di beberapa pasar tradisional Rembang.

4. Dumbeg

Dumbeg

Image Credit: Resep-masakan-tradisional.web.app

Dumbeg merupakan salah satu jajanan tradisional khas Rembang yang juga wajib Anda cicipi. Kuliner yang satu ini memiliki visual yang menyerupai terompet. Kue Dumbeg dibuat dari campuran tepung beras, air pohon nira, dan gula pasir yang kemudian dibungkusdengan menggunakan daun lontar. Teksturnya yang kenyal menjadikan kuliner yang satu ini diminati oleh setiap wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Rembang.

Bila Anda berminat untuk mencicipi Kue Dumbeg, bisa mengunjungi pasar pasar tradisional yang berada di Kota Rembang. Di sana, Anda juga akan disuguhkan berbagai macam kuliner khas Rembang yang patut dicoba. Untuk harga Kue Dumbeg sendiri umumnya dibanderol sekitarRp.5 ratus perbiji. Sementara jika Anda membeli Dumbeg per ikat, biasanya dipatok mulai Rp.5 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, sudah mencicipi jajanan khas Rembang tersebut.

5. Sate Serepeh

Sate Serepeha

Image Credit: Cookpad.com

Sate Serepeh merupakan makanan khas Rembang yang masih menjadi primadona bagi kalangan wisatawan. Secara visual, Sate Serepeh memiliki tampilan yang hampir mirip dengan sate pada umumnya. Namun yang menjadi pembedanya ialah penggunaan bumbu rahasia yang menghasilkan rasa gurih dan nikmat. Rasa yang begitu menggugah selera bisa didapatkan dengan harga yang terbilang sangat ekonomis.

Anda tetap bisa makan banyak namun dengan harga yang ramah di kantong. Biasanya, Sate Serepeh disajikan dengan campuran bumbu kacang dan lontong yang sangat cocok menjadi menu makan siang. Bagi Anda yang berkunjung ke Kabupaten Rembang, bisa mencicipi kuliner yang satu ini tepatnya di Jalan Dr. Wahidin, Rembang. Dikatakan kuliner ini sangat ekonomis lantaran harga per tusuk satenya dibanderol sekitar seribuan saja.

6. Rengginang Teri

Rengginang Teri

Image Credit: Rembangcyber.net

Rengginang teri atau yang biasa disebut dengan krecek juga menjadi salah satu makanan yang patut dicoba. Meskipun rengginang banyak ditemui di daerah lain, namun di Kota Rembang Anda akan menemukan rasa rengginang yang agak berbeda. Hal ini dikarenakan, kebanyakan adonan rengginang dipadukan dengan ikan teri segar yang menciptakan rasa lebih gurih. Untuk mendapatkan makanan tersebut, Anda bisa mengunjungi toko pusat oleh oleh Rembang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Purwodadi Grobogan yang Paling Hits

Jajanan dengan bahan dasar beras ketan ini merupakan salah satu makanan ringan yang tengah digandrungi masyarakat Rembang. Jika memasuki musim hujan, rengginang teri sangat cocok dijadikan teman bersantai bersama keluarga sambil meminum teh hangat. Bahkan, Anda bisa menjadikan makanan ringan satu ini sebagai oleh oleh atau buah tangan yang bisa dibagikan kepada kerabat maupun keluarga di rumah.

7. Dodol Kawista

Dodol Kawista

Image Credit: Catatan-buah-yunus.blogspot.com

Kawista merupakan tumbuhan yang masih satu keluarga dengan jeruk. Di Kota Rembang, Kawista tak hanya diolah menjadi sirup saja. Namun, buah yang memiliki rasa asam ini juga dijadikan sebagai bahan utama pembuatan dodol. Dodol Kawista juga memiliki bentuk yang sama dengan dodol pada umumnya. Namun, jika Anda mencicipi makanan tradisional tersebut, Anda akan langsung mengetahui perbedaannya melalui rasa manis cenderung asam.

Seiring berjalannya waktu, dodol Kawista mulai dikemas dengan rapi dan dijadikan sebagai oleh oleh khas Kabupaten Rembang. Rasanya yang legit dan nagih menjadikan kuliner yang satu ini digandrungi oleh berbagai kalangan. Jika Anda ingin mencicipi makanan ini, bisa mengunjungi beberapa toko dan pusat oleh oleh di tengah Kota rembang. Umumnya, Dodol Kawista dibanderol dengan harga ekonomis, yakni 20 ribuan saja per bungkusnya.

8. Lontong Sambel

Lontong Sambel

Image Credit: Instagram.com @theresia_7779

Salah satu makanan khas Rembang yang sangat cocok dijadikan kudapan makan siang ialah Lontong Sambel. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa khas lokal yang jarang dijumpai di daerah lain. Bahkan, makanan ini juga masih dihidangkan dengan cara yang tradisional yakni dibungkus dengan daun jati. Bila Anda berminat untuk menjajal kuliner istimewa ini, bisa berkunjung ke Jalan Dr. Wahidin, Rembang. Seporsi kuliner ini juga dibanderol seharga 10 ribuan saja.

Potongan lontong yang dipadukan dengan sambal kacang dan diberi lauk pauk tahu atau tempe goreng, semakin membuat makanan yang satu ini diminati oleh semua kalangan. Saatmencicipi kuliner yang satu ini, Anda juga akan dihidangkan beberapa menu tambahan seperti mendoan dan piya piya. Selain itu, Anda juga bisa meminta tingkat kepedasan sambel yang lebih pedas kepada penjualnya.

9. Kaoya Dudul

Kaoya Dudul

Image Credit: Instagram.com @ajeng_andhitya

Salah satu kuliner yang menjadi ikon KabupatenRembang adalah kaoya Dudul. Makanan ringan yang satuini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga atau teman di rumah. Kue yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, karena terbuat dari beras ketan, kacang hijau, garam, santan, dan gula aren. Berkunjung ke Kota Rembang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi jajanan tradisional yang satu ini.

Namun sayangnya, kue ini menjadi sangat langka. Bahkan, beberapa pelaku produksinya membuat Kue Kaoya Dudul dengan stok yang sangat terbatas. Maka dari itu, jika Anda ingin mencicipi jajanan tradisional khas Rembang tersebut bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Untuk harga yang dibanderol juga bisa dibilang sangat terjangkau. Yakni sekitar 650 hingga 750 rupiah per kue. Dengan harga yang sangat ekonomis sudah bisa mencicipi Kaoya Dudul Kota Rembang.

10. Urap Latoh

Urap Latoh

Image Credit: Dasun.desa.id

Kuliner urap sering kali dijumpai di berbagai daerah, khususnya daerah Jawa. Bentuknya pun juga tidak jauh beda dengan urap sayur pada umumnya. Namun hal menakjubkan yang menjadi pembeda Urap Latoh dengan urap sayur lainnya ialah penggunaan rumput laut sebagai bahan utamanya. Rasa unik berupa gurih dan segar akan tercipta di setiap suapannya. Jika Anda ingin mencicipi kuliner ini, bisa mengunjungi Kecamatan Lasem, Rembang.

Latoh banyak ditemui di wilayah peraitran laut Kota Rembang dan sudah menjadi hasil laut para nelayan di Rembang. Latoh memiliki visual berupa bentuk bulatan kecil seperti anggur dengan warna hijau yang cerah. Penggunaan rumput laut Latoh di urap sayur menjadikan testur makanan tersebut lebih renyah dan gurih. Sayangnya, makanan yang satu ini jarang ditemui di beberapa wilayah lainnya selain Kota Rembang.

Itulah beberapa makanan dan kuliner khas asal Rembang. Barangkali, melalui rekomendasi tersebut Anda bisa lebih mengetahui tentang keanekaragaman kuliner di Kota Garam ini. Semua menu makanan yang ditawarkan pun memiliki rasa yang berbeda satu sama lain. Dengan alasan tersebut, Anda wajib mencicipi salah satu kuliner yang kemungkinan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Selamat liburan! (ser)

MIXADVERT JASAPRO