Pasien Covid-19 Dipulangkan, Meski Masih Positif

Jumlah pasien Covid-19 di Jakarta yang sembuh terus mengalami peningkatan. (jagatbisnis/ist)
Jumlah pasien Covid-19 di Jakarta yang sembuh terus mengalami peningkatan. (jagatbisnis/ist)

JagatBisnis.com-Seorang pasien Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet dipulangkan, meski hasil tes swab masih menunjukkan positif virus Corona (Covid-19). Hal itu disebabkan, kondisi pasien yang membaik dan virus dikatakan sudah tidak bisa menular ke orang lain. Padahal, Pemprov DKI Jakarta telah melarang isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19 bergejala ringan maupun sedang. Karena berpotensi pada penularan klaster rumah.

“Info dari dokter paru dan dokter umum, kondisi saya semakin membaik dan virus sudah tidak bisa menyebar. Maka, saya bisa melanjutkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” kata Melati (bukan nama sebenarnya) di Jakarta, Rabu (30/09/2020).

Dia menjelaskan, diri sudah dirawat di Tower 6 Wisma Atlet selama dua pekan, sejak pertengahan September lalu. Perempuan berusia 29 tahun itu merupakan pasien bergejala ringan dengan kondisi batuk kering. Pada 18 September, melakukan tes swab kedua kalinya. Hasilnya keluar pada 23 September dan dirinya dinyatakan masih positif Covid-19. Tapi, pada hari yang sama diperbolehkan kembali ke rumah.

Baca Juga :   Kasus Aktif di Bawah Satu Persen, Covid-19 di Indonesia Terkendali

“Selama di rumah, saya masih mendapat pemantauan dari RSD Wisma Atlet. Saya akan tes swab lagi, pada 7 Oktober mendatang. Tapi, jika dalam masa isolasi mandiri di rumah dirinya kembali menunjukan gejala Covid-19, diharuskan memberi tahu ke Puskesmas yang merujuk ke Wisma Atlet,” ungkapnya.

Baca Juga :   COVID-19 Terkendali, Vaksinasi di Indonesia Terus Menurun

Secara terpisah, Koordinator Operasional Kakesdam Jaya Kolonel CKM, dr Stefanus Dony membenarkan pihaknya memulangkan pasien yang masih positif Covid-19. pasien yang dipulangkan sebetulnya sudah aman, dalam artian sudah tidak lagi menularkan virus ke orang lain. Karena pasien yang telah melakukan swab dengan nilai CT PCR 35 diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di Bulungan Terus Bertambah

“Penilaian tersebut diartikan virus sudah tidak lagi menularkan ke orang lain. Jika dibawah angka itu pasien masih harus menjalani isolasi mandiri di RSD Wisma Atlet,” tutupnya. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO