10 Oleh-Oleh Khas Purwodadi yang Wajib Anda Bawa Pulang

jagatBisnis.com – Oleh-oleh khas Purwodadi memiliki banyak jenis yang tidak boleh dilewatkan. Jika berkunjung ke daerah ini tidak perlu bingung mencari buah tangan untuk dibawa pulang.

Bagi Anda yang sedang mengunjungi daerah tertentu, rasanya tak lengkap jika tidak membawa cindera mata khas daerah tersebut. Sama seperti daerah lainnya, Purwodadi juga merupakan salah satu kota yang menawarkan segudang keindahan alam yang menakjubkan. Beragam kuliner unik dan menarik bisa Anda dapatkan bila berkunjung ke kota yang mendapat julukan “Kota Tak Pernah Tidur” ini.

Jika mengunjungi kota ini, maka wajib bagi Anda untuk mencicipi oleh-oleh khas Purwodadi yang sangat unik dan menarik. Apa saja oleh-oleh yang bisa Anda cicipi? Yuk simak di sini.

1. Emping Jagung

Emping Jagung

Image Credit: Omiyago.com

Sebagai salah satu daerah penghasil jagung terbesar, tak aneh bila di Kota Purwodadi banyak dijumpai beragam kuliner dengan bahan dasar jagung. Salah satu kuliner yang paling populer dan sangat cocok dijadikan cemilan adalah emping jagung. Emping jagung ini terbuat dari jagung utuh yang ditumbuk hingga pipih. Sebelumnya, jagung dicuci dan direbus terlebih dahulu sehingga empuk saat dipipihkan.

Camilan ini memiliki berbagai rasa, seperti gurih dan manis, bahkan dalam perkembangannya dibuat dengan aneka rasa. Anda bisa menjumpai sentra pembuatan emping jagung ini, khususnya di daerah Kabupaten Grobogan. Daerah yang paling terkenal dengan sentra pembuatan emping jagung ini adalah Kecamatan Wirosari, Dusun Jatitengah, Desa Tambakselo.  Di daerah ini Anda akan menemukan sentra emping jagung beraneka rasa.

Pemasaran oleh-oleh emping jagung ini selain ke pasar tradisional, juga sudah tembus ke supermarket serta retail modern lainnya. Meski banyak sekali olahan jagung seperti, nasi jagung, puding jagung, dan lain lain emping jagung ini yang paling cocok menjadi camilan yang dapat disuguhkan kepada tamu atau kerabat. Untuk mendapatkannya pun tak sulit. Anda bisa membelinya di setiap daerah Purwodadi dengan mudah.

2. Tempe Hygiene

Image Credit: Sekedarcoretan123.blogspot.com

Selain jagung, Kota Purwodadi juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kedelai yang terbesar dalam skala nasional. Khususnya di Kabupaten Grobogan yang dikenal memiliki kedelai varietas yang unggul dengan skala nasional, bahkan menembus skala internasional. Varietas kedelai Grobogan yang unggul juga telah mendapatkan sertifikat pada Maret 2008. Berbeda dengan kedelai impor hasil rekayasa genetik, kedelai Purwodadi bukan dari hasil rekayasa genetik.

Sentra usaha yang menaungi produksi varietas unggul kedelai Grobogan bernama RKG (Rumah Kedelai Grobogan). Sentra produksi ini dikelola oleh Dinas Pertanian setempat sehingga dapat memproduksi kedelai dengan mutu yang tetap stabil. Salah satu olahan dari kedelai yang dihasilkan sentra produksi tersebut adalah tempe hygiene. Berbeda dari biasanya, tempe hygiene dihasilkan dari olahan kedelai varietas unggul dari Kecamatan Grobogan.

3. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Sale-pisang-goreng-khas-purwodadi-aroma-rasa.business.site

Sale pisang merupakan salah satu oleh-oleh Purwodadi yang dibuat dari olahan buah pisang. Buah pisang segar kemudian disisir tipis dan dijemur hingga sedikit mengering. Tujuan proses penjemuran tersebut adalah untuk mengurangi kadar air dalam buah pisang. sehingga pisang yang nantinya akan dikemas lebih tahan lama. Terdapat dua jenis sale pisang yang beredar di pasaran, yakni tekstur basah dan kering.

Sale pisang ini bukan merupakan oleh-oleh Purwodadi secara spesifik. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa sale pisang banyak diproduksi di daerah lain, termasuk Purwodadi. Di daerah Kabupaten Grobogan telah sejak lama memproduksi sale pisang yang sangat legendaris. Anda yang berkunjung ke kota ini, bisa menemukan oleh-oleh sale pisang tepatnya di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari.

4. Telur Asin Garam Bledug

Telur Asin Garam Bledug

Image Credit: Instagram.com @debbie_aristhea

Telur asin merupakan salah satu makanan berbahan dasar telur ayam atau bebek yang diawetkan melalui pengasinan menggunakan garam. Meskipun Kota Purwodadi jauh dari laut, namun kota ini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil garam. Garam yang paling banyak diproduksi khususnya di daerah Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan. Garam merupakan salah satu komoditi daerah tersebut.

Dengan demikian, warga setempat memanfaatkan hasil garam sebagai bahan pembuat telur asin. Dari sinilah telur asin garam Bledug terbentuk. Jika Anda berminat membeli telur asin ini, banyak toko oleh-oleh yang menjualnya dengan grosir dan eceran. Untuk harga eceran per butir hanya dipatok sekitar 2 ribuan saja. Untuk harga grosir per butir dipatok sekitar Rp. 2.520 saja.

5. Sambal Pecel Gambringan

Sambal Pecel Gambringan

Image Credit: Kangasti.com

Pecel merupakan kuliner khas nusantara yang bisa ditemukan di berbagai daerah di seluruh nusantara. Namun terdapat daerah yang paling banyak menghasilkan kuliner pecel seperti, Madiun, Blitar, dan Nganjuk. Tak ketinggalan, Kota Purwodadi juga ikut menyumbangkan kuliner pecelnya yang melegenda. Daerah penghasil sambal pecel ini berlokasi di Kabupaten Grobogan. Tidak seperti sambal pecel pada umumnya, pecel khas Purwodadi lebih asin dan gurih.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tak hanya rasa, pecel Purwodadi juga memiliki proses yang berbeda dengan pecel pada umumnya. Kacang yang ditambahkan untuk pembuatan sambal pecel tidak melalui proses penggorengan melainkan sangrai. Sambal pecel ini diklaim lebih sehat karena tidak menggunakan bahan penyedap, sehingga rasanya masih otentik. Satu kemasan sambal Gambringan ini bisa diborong dengan harga berkisar dari 20 ribuan saja.

6. Yangko Godong

Yangko Khas Purwodadi

Image Credit: Instagram.com @yangkomochisolo

Sebenarnya kuliner ini cukup populer di daerah Yogyakarta, namun Anda pun juga bisa menjumpai oleh-oleh yangko godong ini di Kota Purwodadi. Kuliner ini dibuat dari tepung ketan yang kemudian dibaluri dengan tepung terigu sangrai. Biasanya camilan ini memiliki isian berupa campuran gula merah dan kacang, sehingga menghasilkan rasa yang legit dan gurih. Camilan yang satu ini juga digemari banyak orang, namun perkembangannya belum pesat.

Jadi, untuk Anda yang tertarik mencicipi kuliner ini, disarankan untuk membelinya langsung di pasar tradisional Godong atau beberapa produsen di Desa Bugel. Untuk kemasan gram, biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp. 30.000 saja. Namun, ada kemungkinan Anda tidak bisa membeli kuliner ini dengan jumlah banyak. Biasanya para penjual dan produsen hanya membuat oleh-oleh yangko godong ini dengan jumlah yang terbatas.

7. Onde-Onde

Onde-Onde

Image Credit: Kulinerpurwodadi.blogspot.com

Jajanan ini juga merupakan salah satu komoditas yang dihasilkan di Kota Purwodadi. Setiap pembuatan onde onde, harus memperhatikan bahan berkualitas yang tinggi. Tak heran kuliner khas Purwodadi ini memiliki cita rasa yang berbeda dari lainnya. Bagi Anda yang berminat, bisa menemukan jajanan ini di daerah Grobogan. Selain cita rasanya yang enak, harganya pun juga sangat bersahabat. Anda bahkan bisa menemukan jajanan ini di berbagai tempat.

8. Marning Jagung

Marning Jagung

Image Credit: Oleholehkhasgroboganpurwodadi.blogspot.com

Sudah menjadi informasi umum bahwa Purwodadi merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di nusantara. Dengan demikian, tak hanya emping jagung yang bisa mereka produksi. Terdapat olahan jagung lainnya yang juga cukup populer di daerah Purwodadi, yakni marning jagung. Camilan yang satu ini memiliki cara pembuatan yang terbilang mudah. Hanya dengan menjemur lalu dan menyangrai lalu diberi bumbu.

BACA JUGA:  14 Tempat Makan di Kudus Paling Enak & Murah

Bila Anda berminat dengan camilan renyah ini, Anda bisa menemukannya di Dusun Jatitengah Tamanbakselo dengan harga yang sangat terjangku, yakni sekitar Rp. 11.000 saja. Marning jagung juga termasuk oleh-oleh yang bisa Anda temui di berbagai supermarket Kota Purwodadi dengan mudah. Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk menemani waktu santai Anda di sore hari sambil minum teh.

9. Nasi Jagung Instan

Nasi Jagung

Image Credit: Arifuntahablog.wordpress.com

Salah satu komoditi olahan jagung  yakni nasi jagung. Tidak seperti nasi pada umumnya, nasi jagung ini memiliki tekstur yang lebih halus, sehingga sangat mudah dicerna tubuh. Cara memasaknya pun juga hampir mirip dengan menanak nasi seperti biasa. Namun penting untuk Anda ketahui, nasi jagung membutuhkan lebih banyak air agar bisa mencapai tekstur yang lembut dan halus.

Untuk menemani santap nasi jagung ini, umumnya dengan menambahkan beberapa lauk pauk seperti sayur urap, ikan asin, tempe goreng, dan sambal. Purwodadi juga menyuguhkan beberapa menu nasi jagung yang dapat menggugah selera. Bahkan Anda bisa menemukan dengan mudah di sepanjang jalan Grobongan. Bila Anda berminat membeli nasi jagung kemasan, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 saja.

10. Kue Semprong

Kue Semprong

Image Credit: Bukalapak.com

Oleh-oleh khas Purwodadi yang terakhir dan tak kalah unik adalah kue semprong. Memiliki bentuk bulat panjang dengan lubang di bagian tengah, membuat camilan yang satu ini cocok sebagai teman minum teh. Bila Anda tertarik ingin mencicipi jajanan legendaris yang satu ini, bisa mengunjungi daerah Grobogan. Harga kue yang satu ini juga terbilang sangat ekonomis dan terjangkau.

Sering dijadikan camilan, kue semprong sudah dikenal di seluruh penjuru daerah Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang khas dan sangat renyah ketika digigit. Komposisi yang pas menjadikan cita rasa kue semprong ini pas. Tidak kurang manis, namun juga tidak kemanisan. Rasanya yang pas juga sangat cocok bila disandingkan dengan teh hangat untuk menemani waktu sore hari bersama keluarga.

Salah satu daerah yang juga menyimpan banyak sekali daya tarik dan kekayaan kuliner adalah Kota Purwodadi. Mengunjungi kota tersebut rasanya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khasnya. Dengan beragam oleh-oleh, Anda bisa membagikannya ke kerabat atau orang tercinta. Bahkan Anda bisa memiliki sebuah kenangan atau cerita tertentu dengan mencoba dan membawa pulang beberapa buah tangan tersebut. (ser)

Back to top button