Prudential Shariah Life Luncurkan SKC untuk Percepat Literasi Keuangan Syariah di Indonesia

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – PT Prudential Shariah Life Assurance (Prudential Syariah) berkomitmen mendorong percepatan literasi keuangan syariah di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Syariah Knowledge Centre (SKC) yang dapat diakses di www.shariaknowledgecentre.id. SKC ini sebagai inovasi yang menandai milestone besar perusahaan. Sehingga menjadi kanal yang didedikasikan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi ekonomi syariah masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur Prudential Syariah, Omar Sjawaldy Anwar mengatakan, saat ini pihaknya bertanggung jawab melayani dan melindungi lebih dari 500 ribu peserta. Selain itu, pihaknya juga melihat, potensi perekonomian syariah sangat besar. Meski demikian, masih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Di antaranya, literasi keuangan syariah yang masih rendah, yaitu 8,93 persen.

“Oleh karenanya, selain menyediakan inovasi solusi perlindungan berbasis syariah yang sesuai hati, kami juga menjalankan misi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah dengan meluncurkan SKC. Karena kami percaya, dibutuhkan peran dan partisipasi aktif seluruh pihak untuk menyukseskan misi ini. Sehingga kami dapat menerjemahkan SKC sebagai wadah kolaborasi bersama pemerintah, regulator, pakar ekonomi syariah dan segenap pemain industri ekonomi syariah,” kata Omar disela-sela peluncuran SKC di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :   Melalui Asuransi Jiwa PRUWarisan, Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan Berharga yang Optimal

Sementara itu, Head of Product Development Prudential Syariah Bondan Margono, menambahkan, pihaknya memilki pilar informasi, literasi, inovasi, dan kolaborasi, serta kanal khusus SKC yang dibagi menjadi empat bagian penting, yaitu; Edukasi, Regulasi dan Data, Penelitian dan Pengembangan, serta Bincang Syariah. Melalui kehadirannya, SKC ingin berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi syariah, memelopori lahirnya inovasi produk dan layanan berbasis syariah.

Baca Juga :   Prudential Gelar Konser PrudentialXSuperM We DO Virtual untuk Kpopers

“Sehingga memperkuat fondasi pertumbuhan asuransi jiwa syariah bersama segenap asosiasi, serta menjadi pusat edukasi digital yang berperan sebagai rujukan untuk menambah wawasan masyarakat terhadap perkembangan terkini perekonomian syariah. Apalagi, Indonesia berada di kotak yang sangat strategis dalam perekonomian syariah global. Karena market size industri halalnya sangat besar, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia 87 persen dari total populasi,” ungkap Bondan.

Menurut dia, dengan geliat perekonomian syariah yang begitu aktif, Indonesia adalah salah satu negara yang patut menjadi acuan dalam hal keuangan syariah. Sehingga mampu terus bertahan dan berkembang serta menopang perekonomian nasional, meski di tengah pandemi COVID-19 yang menantang.

Baca Juga :   Prudential Indonesia Cerahkan Masa Depan Bangsa Melalui Penguatan Literasi 200 Ribu Anak Indonesia

“Peluang ini harus dimanfaatkan secara optimal dengan disertai peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah ataupun ketersediaan ragam pilihan produk-produk syariah,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk mendukung SKC berkontribusi dalam perekonomian syariah, di momen peluncuran ini, pihaknya mengukuhkan kolaborasi dengan dua mitra pertamanya, yaitu ME KNEKS dan IPB University. Kolaborasi itu disahkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

“Sejumlah program telah disiapkan untuk melalui SKC, di antaranya materi pembelajaran ekonomi syariah, riset ekonomi syariah, forum dan acara ekonomi syariah, hingga berbagai kegiatan promosi dan aktivasi literasi keuangan syariah,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO