Absen Dua Tahun, Festival Condet Kembali Digelar

JagatBisnis.com-Setelah sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Festival Condet kembali diadakan pada Sabtu (3/9/2022) hingga Minggu (4/9/2022). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang biasa digelar di sepanjang Jalan Raya Condet, untuk tahun ini kegiatan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Gedong (Rindam Jaya), Condet, Jakarta Timur. Selain menghadirkan berbagai jajanan kuliner khas Betawi, sejumlah stand yang menjual berbagai produk juga digelar. Ribuan warga dari berbagai wilayah tampak menyemut. Panggung megah pun didirikan yang diisi dengan berbagai lantunan lagu.

Baca Juga :   Sambut Transformasi Digital, Masyarakat Perlu Tingkatkan Digital Skills

“Alhamdulillah, setelah sempat tertunda dua tahun karena pandemi, akhirnya kami bisa kembali menggelar Festival Condet yang tahun ini mengusung tema “Warna Kolaborasi”. Ini sebagai cermin keterlibatan berbagai komunitas dalam mensukseskan acara ini,” kata Ketua Panitia Festival Condet 2022, Moch. Arifin yang akrab disapa Bang Onthe ini, dalam keterangan tertulis, Minggu (4/9/2022).

Bang Onthe mengatakan, Condet memiliki bukti kesejarahan yang kuat dari zaman penjajahan. Apalagi sejak dulu warga Condet begitu kokoh mempertahankan nilai-nilai kebersamaan dan keagamaan, terutama dalam menghadapi kaum penjajah.

Baca Juga :   Dorong Kemajuan, BRI Dukung UMKM Go Internasional

“Acara Festival Condet 2022 secara resmi dibuka Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar yang didampingi oleh Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad beserta istri, dan sejumlah pejabat lainnya,”terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menambahkan, pihaknya ingin setiap tahun diadakan Festival. Condet di tempat tersebut. Karena ini merupakan upaya untuk mengenalkan budaya Betawi kepada para generasi muda. Sehingga generasi muda Betawi selalu ingat akan lagu-lagu, kuliner, dan kekhasan Budaya Betawi.

Baca Juga :   Dalam Sehari, Angka COVID-19 di Kota Jayapura Naik 25 Kasus

“Tolong Sudin Parekraf, Kebudayaan, dan Sudin lainnya bisa membantu dan menganggarkan acara ini agar dapat terlaksana dengan baik,” tegas Anwar.

Anwar berharap, acara ini bisa mendukung perekonomian melalui kebangkitan UMKM di wilayah Jakarta Timur. Festival ini juga bisa menampilkan kesejarahan yang pernah ada di wilayah ini. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO