PT KAI Daop 1 Jakarta Tutup 36 Titik Perlintasan Sebidan

JagatBisnis.com –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop( 1 Jakarta telah menutup 36 titik perlintasan sebidang. Penutupan dilakukan sebagai bentuk dukungan mewujudkan keselamatan di perlintasan jalur kereta api (KA).

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, di areanya saat ini terdapat 455 perlintasan dan 196 di antaranya merupakan perlintasan tidak resmi atau liar. Makanya, pada tahub 2022 ini pihaknya menutup sebanyak 67 perlintasan. Upaya penutupan perlintasan liar yang dilakukan sejak Januari 2022 sampai sekarang lebih dari 36 titik perlintasan dan 31 di antaranya merupakan perlintasan liar yang sudah ditutup.

“Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan upaya membuka perlintasan liar dan menggunakan perlintasan resmi yang ada untuk keselamatan dan keamanan bersama. Pada perlintasan liar, kami meminta masyarakat lebih berhati-hati agar tidak sembarangan menyeberang dengan memastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” kata Eva, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, KA di Sumbar Ada Layanan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat

Sementara untuk perlintasan resmi yang tidak terjaga, lanjutnya, masyarakat sebelum melintas di perlintasan, wajib berhati-hati, perhatikan rambu-rambu EWS (Early Warning System) / sirene serta tengok kanan kiri pastikan tidak ada kereta yang akan melintas.

Baca Juga :   Stasiun Matraman Uji Coba Penumpang KRL

“Meski demikian, masyarakat pengguna jalan yang akan melintasi perlintasan KA resmi terjaga juga diimbau apabila sirene sudah berbunyi dan palang perlintasan mulai menutup, masyarakat dilarang menerobos dan membuka palang perlintasan secara paksa,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO