KAI Ungkap Perlintasan yang Rawan Kena Lemparan Batu di Jakarta

JagatBisnis.com – Kereta Api (KA) mengalami aksi pelemparan batu yang melintas di Matraman, Jakarta Timur. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop) I Jakarta mengungkap ada beberapa daerah yang rawan tindak pelemparan batu. Karena jalur tersebut sebagian besar sangat terbuka dan berdekatan dengan permukiman.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, dari kriteria tersebut dua perlintasan yang rawan aksi pelemparan batu. Meski begitu, dia belum menyampaikan data berapa banyak kejadian aksi pelemparan batu terjadi di wilayah Jakarta. Di antaranya lintasan Bogor-Manggarai atau Bekasi-Manggarai.

“Terkait kejadian di Matraman, kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Diketahui, aksi pelemparan tersebut dilakukan oleh pemuda dan viral di media sosial. Maka, kami mengecam aksi pelemparan batu yang terjadi pada video tersebut karena tindakan itu dapat membahayakan perjalanan dan menimbulkan korban,” kata Eva, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga :   KAI Siapkan 7.246 Perjalanan KA Selama Nataru

Dia mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi dengan polisi untuk melacak pelaku pelemparan batu. Petugas internalnya pun turut melakukan penyisiran di lokasi. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak berwajib serta berupaya mencari pelaku. Tim pengamanannya uga terus melakukan penyisiran serta pengamanan di area yang rawan pelemparan termasuk pada video.

Baca Juga :   Inilah Syarat Baru Naik KA Jarak Jauh

“Tindakan para pelaku yang viral itu bisa dikenakan sanksi pidana. Karena secara aturan yang berlaku pelaku pelemparan batu ke arah kereta yang tengah melintas bisa dipenjara selama 15 tahun,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO