Begini Perkembangan Vaksin Covid-19 mRNA Buatan Lokal

JagatBisnis.com –  Publik pada awal tahun ini sempat dibuat kagum lantaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjuk Indonesia sebagai salah satu rumah untuk pengembangan vaksin Covid-19 mRNA. Kabar tersebut tentunya menjadi suatu kebanggaan, karena Indonesia akan memiliki vaksin mRNA buatan lokal. Namun, kini bagaimana kabar terbaru terkait vaksin tersebut. Apakah sudah berhasil dibuat dan siap diedarkan ke masyarakat?

Juru Bicara G20 untuk Bidang Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengakui kebenaran Indonesia mengembangkan vaksin mRNA sesuai dengan arahan WHO. Untuk saat ini, proses pengerjaan masih dalam pengembangan. Proses riset dan transfer teknologi pun masih berlangsung, baik di Bio Farma maupun pusat riset lainnya.

“Dengan adanya upaya mengembangkan vaksin mRNA di Indonesia ini bisa memperkuat produksi vaksin di dalam negeri. Sehingga bisa mempermudah akses Indonesia menjangkau vaksin Covid-19. Kami pun cukup bersyukur sekali saat pandemi kemarin akses vaksin Covid-19 berjalan lancar. Tapi, kami belum tahu apakah di masa depan aksesnya akan mudah lagi atau tidak,” kata Siti Nadia dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/8/2022).

Menurut dia, untuk itu penting untuk satu negara bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri. Sehingga tidak ketergantungan pada negara penghasil vaksin. Lagipula, dengan memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin, dalam hal ini mRNA, artinya dari sisi keberlangsungan dan akses ke vaksin bakal terjamin.

“Kalau ditarik ke situasi global, Indonesia bisa memiliki peran sebagai penyedia vaksin Covid-19 untuk negara lain. Kolaborasi semacam ini sangat dibutuhkan. Jika sudah bisa memproduksi vaksin mRNA, Indonesia bisa berkontraksi pada global untuk memberikan dukungan atau bantuan vaksin ke negara yang membutuhkan. Ini tentu memperluas akses vaksin bagi negara-negara yang sulit mendapat akses,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO