HUT RI Ke-77, KAI Gelar Kegiatan Kereta Bersejarah Menyapa

JagatBisnis.com –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan dua sarana kereta api bersejarah yaitu Lokomotif Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung Priok, Rabu (17/8/2022). Kegiatan bertema “Kereta Bersejarah Menyapa”, diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami dalam merawat serta melestarikan sarana dan prasarana perkeretaapian yang menjadi bagian sejarah Indonesia,” kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, disela-sela kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, lokomotif Bon-Bon atau Lokomotif Listrik ESS3201 merupakan lokomotif listrik pertama yang beroperasi di Indonesia. Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925 dalam peresmian elektrifikasi jalur kereta api yang pertama kalinya pada rute Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara). Sementara Kereta Djoko Kendil pertama kali dioperasikan pada 1938 untuk melayani kereta mewah Nacht Express relasi Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta. Kereta Djoko Kendil terdiri dari 2 kereta yang juga diberi nomor baru yaitu IW 3821 dan IW 38221.

Baca Juga :   Rangkaian KRL Jalur Jatinegara-Bogor akan Lebih Panjang

“Adapun Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanjung Priok merupakan 2 stasiun yang penuh sejarah. Kami konsisten melestarikan bentuk asli bangunnya dan akan terus meningkatkan layanannya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ini Aturan Baru Naik KA Jarak Jauh

Dia menegaskan, jalur kereta listrik di Batavia (Jakarta) ini menandai dibukanya sistem angkutan umum massal yang ramah lingkungan, yang juga merupakan salah satu sistem transportasi paling maju di Asia pada zamannya. Kereta api di masa-masa perjuangan merupakan satu-satunya transportasi yang dapat diandalkan, tidak hanya untuk kepentingan angkutan laskar rakyat perjuangan, tetapi juga untuk angkutan logistik militer serta perpindahan pejabat pemerintahan di masa perjuangan.

Baca Juga :   KAI Buka Pemesanan Tiket Lebaran

“Perjalanan Lokomotif Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil pada kegiatan kali ini diharapkan dapat membangkitkan lagi semangat cinta Tanah Air serta mengenang kiprah kereta api yang telah menemani bangsa Indonesia dari masa penjajahan hingga merdeka seperti saat ini. Untuk itu, kami berkomitmen untuk menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO