Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam cabai hingga kelapa genjah. Hal itu dilakukan untuk menghadapi krisis pangan global.

“Inilah kenapa lahan-lahan tidak produktif harus bisa diproduktifkan. Sehingga rumah tangga bisa tanam kelapa, cabai dan lainnya agar tidak kekurangan pangan,” kata Jokowi saat melaksanakan program Penanaman 1 Juta Kelapa Genjah di Solo Raya, seperti dalam pernyataan tertulis, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya program strategis tersebut diluncurkan untuk memperkuat sektor pertanian menghadapi krisis pangan global dan memperkuat ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengoptimalkan lahan pekarangan dan hamparan.

Baca Juga :   Nasdem Tegaskan Presiden Jokowi Agar Tak Sembrono Dalan Penentuan Capres

“Kita tahu saat ini dunia dilanda krisis pangan terjadi kekurangan pangan dan kelaparan akut sudah terjadi di beberapa negara. Diperkirakan kalau ini tidak ada solusi 300 juta orang lebih kekurangan pangan dan kelaparan,” imbuh Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menambahkan penanaman kelapa genjah menjadi harapan baru untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, menurunkan pengeluaran dan meningkatkan pendapatan rumah tangga dan mengembangkan ekonomi wilayah di tengah tantangan krisis pangan dunia.

Baca Juga :   Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Tolak Jokowi 3 Periode

“Tidak hanya kegiatan tanam, industri pengolahan ke depan terus disiapkan sehingga menghasilkan produk turunan kelapa yang bernilai jual tinggi seperti minyak kelapa dan gula semut. Hal itu menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, kami mengembangkan kelapa genjah 1 juta secara nasional. Kita tingkatkan perekonomian rumah tangga,” ujarnya.

Baca Juga :   Megawati, Prabowo, Paloh hingga Cak Imin Makan Siang dengan Jokowi di Istana

Dia menegaskan, peran ibu-ibu menaman cabai hingga kelapa genjah dipekarangan rumah dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan. Harga kelapa genjah pandan wangi di Amerika mencapai Rp80 ribu hingga Rp120 ribu per buah yang sudah di kemas.

“Diharapkan, para ibu semakin bersemangat untuk menanam. Apalagi, sudah mengetahui harganya yang lumayan. Sehingga bisa dapat membantu meningkatkan perekononian keluarga,” tegas Syahrul. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO