Kemendagri Dorong Optimalisasi TPAKD

JagatBisnis.com –  Salah satu wujud nyata kolaborasi dalam optimalisasi pelaksanaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) TPAKD. Sehingga pemerintah daerah (pemda) bisa lebih termotivasi dan siap mengimplementasikan program TPAKD.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, pihaknya mendukung terciptanya pencapaian program pemerintah mengenai strategi nasional keuangan inklusif dan TPAKD. Karena peran TPAKD terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi ini dinilai sangat penting.

“Makanya. pemerintah terus mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan seluruh stakeholders. Sehingga upaya-upaya untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, inklusif, dan juga merata dapat diraih. Apalagi, inklusi keuangan digital menjadi salah satu agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia pada 2022,” papar Fatoni.

Baca Juga :   Mendagri Imbau Kepala Daerah se-Indonesia Beri Bantuan Dana untuk Bencana Gempa Cianjur

Untuk itu, lanjut dia, pemda diingatkan kembali tentang pentingnya melanjutkan dan meningkatkan komitmen bersama untuk mempercepat pelaksanaan inklusi keuangan agar mampu mencapai target 90 persen pada 2024. Maka, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan inklusi keuangan di daerah serta pelaksanaan TPAKD, maka pemda diharapkan segera melakukan percepatan.

Baca Juga :   Batasi ASN dan Keluarga Pergi ke Luar Negeri, Mendagri Terbitkan SE

“Upaya yang bisa dilakukan pemda ialah segera membentuk TPAKD sebagai langkah nyata dalam meningkatkan ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Selain itu, meningkatkan komitmen dan sinergi dengan para pemangku kepentingan dalam mendukung implementasi program perluasan akses keuangan melalui TPAKD yang telah terbentuk, dengan mengoptimalkan potensi unggulan daerah dan memperhatikan keselarasan rencana kerja pemda tahun berjalan dengan fokus yang ditetapkan pada Roadmap TPAKD 2021-2025,” imbuhnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO