Kemen ESDM Bakal Sulap 1.000 Motor BBM Jadi Motor Listrik

JagatBisnis.com – Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan akan mengubah 1.000 unit sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik, pada tahun ini. Karena pada tahun 2021 lalu, pemerintah telah mengkonversi motor BBM ke listrik sebanyak 100 unit.

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM Luh Nyoman Puspa Dewi mengatakan, pihaknya sedang mencoba melakukan konversi dari motor BBM ke motor listrik. Uji coba seratus (tahun lalu), tahun ini akan uji coba 1.000 unit.

“Namun, proses konversi itu masih terkendala tingginya biaya dalam pengadaan komponen. Sebagian harga komponen untuk proses konversi mahal karena pabriknya belum ada di Indonesia. Oleh sebab itu, kami harus merogoh kocek yang dalam untuk impor. Kalau kamu mau mengganti dari motor BBM ke listrik, tapi kalau harganya sama dengan membeli motor baru. Jadi berat,” katanya dalam webinar bertajuk Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Global Pascapandemi, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga :   Upaya Pemerintah Kejar Target EBT 23 Persen di 2025

Luh Nyoman mengungkapkan, pihaknya akan bekerja sama dengan produsen komponen untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Selain itu, Ditjen EBTKE telah bekerja sama dengan bengkel-bengkel Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk melakukan pelatihan konversi motor BBM ke listrik.

Baca Juga :   Pemerintah Segera Larang Ekspor Timah

“Kerja sama dengan produsen komponen juga dilakukan untuk mendapatkan harga komponen yang ekonomis. Setidaknya 50 bengkel UKM telah dilatih untuk program konversi 1.000 unit motor untuk tahun ini,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO