4 Agustus Ini, Pemprov DKI Targetkan Vaksin Nakes Dosis Selesai

JagatBisnis.com – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, menargetkan pelaksanaan pemberian vaksin ke-4 atau booster tahap dua untuk tenaga kesehatan akan selesai bulan ini.

“(Booster dosis 2) sekitar 700 ribu (nakes), kami harapkan selesai dalam bulan ini (Agustus 2022),” kata Widyastuti kepada wartawan di Rumah Sehat Untuk Jakarta, RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

Widyastuti mengatakan, seluruh fasilitas kesehatan di Jakarta sudah memiliki vaksin untuk booster dosis kedua ini.

Baca Juga :   Lansia di Bandung Didahulukan untuk Vaksin Booster

“Kami siap untuk memberikan vaksinasi booster apakah itu pelengkap booster yang (dosis) pertama, atau tadi perlindungan bagi nakes (booster dosis kedua),” tuturnya.

Hanya saja, pemberian vaksin booster dosis kedua ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan penunjang kesehatan, bukan untuk masyarakat umum. Namun ia tidak menutup kemungkinan cakupan pemberiannya akan diperluas jika target pemberian kepada nakes sudah tercapai.

Baca Juga :   Pakar: Itu Syarat yang Tepat Pemudik sudah Vaksin Booster

“Kita tentunya kecukupan vaksinnya bergantung dari stok yang ada dari Kemenkes, kami menunggu distribusi dari Kemenkes dan kebijakan Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Pemberian vaksinasi booster dosis dua bagi nakes di Jakarta sudah mulai dilakukan sejak Jumat (29/7) lalu. Pemberian booster ini ditujukan bagi nakes yang sudah melewati masa interval 6 bulan sejak booster dosis pertama.

Baca Juga :   Ketua DPR Minta Vaksin Booster Harus

Adapun untuk masyarakat umum sendiri memang dianjurkan untuk memenuhi kewajiban booster dosis pertama. Sebab hingga saat ini angka vaksinasi booster di Jakarta masih rendah.

“Saat ini di DKI Jakarta untuk mengejar booster pertama atau suntikan ketiga, karena Jakarta masih di angka 54,5 persen. Jadi artinya masih jauh dari yang kita inginkan,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO