Kabupaten Gowa Masuk Nominasi Program Kampung Iklim dari KLHK

JagatBisnis.com – Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos dalam seleksi administrasi Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari. Gowa jadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang lolos di ajang ini. Lolosnya Gowa masuk dalam seleksi administrasi ini, dibuktikan dengan hadirnya Tim Verifikator Lapangan dari Kemementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kabupaten Gowa, Senin (1/8/2022).

“Kunjungannya ke Kabupaten Gowa untuk mengecek secara langsung, apakah data-data yang telah dimasukkan dan diusulkan sesuai dengan fakta-fakta di lapangan. Proklim terdiri atas beberapa kategori, yakni Pratama, Madya, Utama dan Lestari. Lestari ini adalah best of the bestnya Proklim, makanya kriterianya sangat rumit,” kata Ketua Tim Verifikator, Muh Kundarto.

Dia menjelaskan, ada 6 kriteria yang akan jadi penilaian. Pertama apakah lokus tersebut telah melakukan pembinaan di 10 lokasi lain, kedua lokus tersebut pernah mendapatkan penghargaan minimal tingkat provinsi. Ketiga, adanya peningkatan dari penilaian Proklim Utama ke Proklim Lestari. Keempat, adanya perencanaan yang bagus untuk 5 tahun ke depan. Kelima, apakah sudah layak untuk dilakukan pembinaan minimal lokasi tersebut sudah berjalan 2 atau 3 tahun.

Baca Juga :   Peran Penting Petani Tangguh Dalam Program Ketahanan Pangan

“Dan yang keenam adanya dukungan keberlanjutan dari lokasi tersebut apakah lembaga tersebut sudah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak, bukan hanya kerja sama dengan pemerintah tetapi dari berbagai organisasi ataupun akademisi. Jadi setelah dilakukan pengecekan semua kriteria kemudian hasilnya akan kami bawa ke Jakarta nanti ada tim Dewan Pengarah yang akan memutuskan layak tidaknya masuk mendapatkan penghargaan,” papar Muh Kundarto.

Baca Juga :   KLHK Laporkan Ribuan Akun Penjual Satwa Dilindungi di E-commerce

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkunag Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis menambahkan, untuk di Kabupaten Gowa ada 4 lokasi yang menjadi lokasi Proklim Utama dan 1 lokasi untuk Proklim Lestari. Adapun 3 desa yang ikut dalam Proklim Utama yakni Desa Bolaromang, Desa Mamampang dan Desa Tonasa. Di mana lokus ini berada di Kecamatan Tombolopao dan 1 lokasi berada di Kecamatan Somba Opu yakni Kelurahan Pandang-Pandang. Sedangkan, yang menjadi Lokus untuk Proklim Lestari adalah Rumah Koran di Desa Kareapia, Kecamatan Tombolopao.

Baca Juga :   Menteri LHK Instruksikan Jajaran Perbaiki Diri, Bangun Institusi yang Bersih

“Isu terkait perubahan iklim penting untuk terus dikampanyekan bersama. Sehingga nantinya apabila ada perubahan iklim masyarakat sudah mengantisipasi apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan,” tutup
Azhari. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO