Ini Tantangan Bagi Para Pembuat Film di Era Digital

Ilustrasi pembajakan film Foto: Liputan6.com

JagatBisnis.com –  Pembajakan hinga pengunggahan tanpa izin menjadi salah satu tantangan para pembuat film di era digital ini. Perkembangan teknologi membuat masyarakat menjadi semakin diberikan kemudahan dalam menikmati sebuah film.

Perkembangan teknologi memberikan dampak positif dan negatif pada industri perfilman. Film menjadi salah satu bagian dari karya sinematografi yang dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta.

Oleh karena itu pihak pihak yang terlibat dalam suatu film dilindungi dan hak-haknya dijamin dalam Undang-undang Hak Cipta. Produk yang terkait dengan film merupakan bagian dari objek ciptaan lainnya yang dilindungi dalam Undang-undang Hak Cipta, antara lain adalah buku atau novel yang diangkat menjadi suatu film, kemudian soundtrack suatu film merupakan jenis ciptaan lagu dan atau musik.

Baca Juga :   Marvel Siap Garap Captain America 4

Dampak negatif dari perkembangan teknologi juga dirasakan oleh pelaku di bidang industri film yaitu pembajakan ataupun mengunggah karya cipta film oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan mudah dan cepat tanpa memperhatikan hak-hak pihak lain yaitu hak pencipta dan pemegang hak cipta/hak terkait.

Baca Juga :   Ini Bahayanya Kecanduan Nonton Film Bajakan di Internet

Melihat hal tersebut, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Webinar ‘Peluang dan Tantangan Karya Cipta Film yang Diadaptasi dari Novel’. Masyarakat akan mendapatkan informasi terkait bagaimana suatu karya cipta buku atau novel yang diangkat menjadi suatu film, serta untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelindungan hukum hak cipta.

Baca Juga :   Disney dan Pixar Perkenalkan Film Animasi Terbarunya, Luca

Sederet pakar dihadirkan dalam webinar tersebut seperti Asma Nadia (Penulis Best Seller dan Produser); Alim Sudio, (Penulis Skenario); Dr. Justisiari P. Kusumah (Konsultan KI); dan Agung Damarsasongko (Koordinator Pelayanan Hukum & Lembaga Manajemen Kolektif, DJKI).
Kegiatan ini digelar pada Senin (1/8/2022) pukul 13.00 WIB dan bisa disaksikan di Youtube DJKI Kemenkumham ataupun mendaftar di bit.ly/IpTalksFilmNovel. (pia)

MIXADVERT JASAPRO