Turunkan Penumpang Karena Belum Booster, Ini Penjelasan KAI

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menanggapi beredarnya video tentang petugasnya yang menurunkan penumpang kereta api, seorang perempuan di Stasiun Purwokerto. Karena belum divaksin dosis ketiga (booster). Namun tidak bersedia untuk antigen.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi membenarkan peristiwa yang ada dalam video tersebut terjadi di Stasiun Purwokerto. Kejadiannya pada hari Jumat (29/7/2022), pukul 16.02 WIB, salah seorang penumpang KA Purwojaya, relasi Purwokerto-Gambir belum vaksinasi booster dan yang bersangkutan tidak bersedia turun. Peristiwa itu terjadi ketika petugas pengamanan Stasiun Purwokerto menerima informasi dari petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) jika perempuan berinisial INA itu melakukan boarding pada pukul 15.45 WIB dan diketahui baru mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Perempuan tersebut belum bisa melaksanakan vaksin dosis ketiga dikarenakan alergi. Sehingga petugas pengamanan stasiun mengarahkan yang bersangkutan untuk menjalani tes antigen. Namun perempuan tersebut tidak bersedia melaksanakan antigen, sehingga yang bersangkutan diarahkan ke Customer Service. Setelah menerima penjelasan dari petugas Customer Service, perempuan itu marah-marah dan pada pukul 15.48 WIB yang bersangkutan lari menerobos boarding lalu naik ke dalam rangkaian KA Purwojaya,” paparnya, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga :   KAI Raih Public Service Excellence Award 2021

Dia menjelaskan, yerkait dengan kejadian itu, KA Purwokerto yang seharusnya berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 16.02 WIB belum bisa diberangkatkan karena perempuan penumpang tersebut tidak bersedia turun dari KA. Setelah petugas pengamanan bersama Kepala Stasiun Besar Purwokerto dan kru KA Purwojaya menjelaskan persyaratan naik KA di dalam rangkaian KA Purwojaya, perempuan tersebut akhirnya bersedia turun dari rangkaian KA dan diarahkan untuk menjalani tes antigen.

Baca Juga :   Ini Aturan Baru Naik KA Jarak Jauh

“Selanjutnya, perempuan itu melanjutkan perjalanannya ke Jakarta dengan KA Senja Utama Solo relasi Purwokerto-Gambir. Akibat kejadian tersebut, KA Purwojaya relasi Purwokerto-Gambir baru bisa diberangkatkan pada pukul 16.18 WIB atau mengalami kelambatan 16 menit,” terang Ayep. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO